Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Agu 2019 12:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Tempat Beli Oleh-oleh Murah Meriah di Madinah

Ardhi Suryadhi
detikTravel
Tempat beli oleh-oleh murah meriah di Madinah (Ardhi/detikcom)
Tempat beli oleh-oleh murah meriah di Madinah (Ardhi/detikcom)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Madinah - Sejumlah jemaah haji tinggal menghitung hari untuk pulang ke Tanah Air. Bagi jemaah yang masih di Madinah, ini rekomendasi tempat oleh-oleh yang murah meriah.

Jemaah yang menginap di hotel ring 1 masjid Nabawi memang sudah dimanjakan oleh banyaknya toko yang berjualan berbagai macam hal. Mulai dari kurma, kacang-kacangan, souvenir, sajadah, parfum hingga perhiasan,

Namun lokasi yang strategis tesebut tentunya membuat harga jualnya lebih tinggi dibandingkan dengan toko yang berada agak kepinggir. Nah, salah satu yang bisa jadi rekomendasi adalah pasar lokal yang berada di arah Bengali Market.

"Kita menyebutnya pasar kemah. Ya emang namanya itu karena ini pasarnya kaya di tenda besar, bukan di gedung," ujar seorang pedagang yang kebetulan orang Indonesia saat berbincang dengan detikcom.

Ini Tempat Beli Oleh-oleh Murah Meriah di Madinah Susasana di dalam pasar (Ardhi/detikcom)


Sejatinya, pasar kemah ini terletak tak jauh dari masjid Nabawi yang menjadi pusat aktivitas jemaah di kota Madinah. Patokannya jemaah menuju pintu keluar melalui gate 21 atau pintu utama masjid Nabawi.

Kemudian tinggal jalan lurus saja menuju jalan raya, jaraknya cuma dua blok. Saat ketemu lampu lalu lintas, nanti jemaah bakal melintasi area terbuka yang kadang suka menjadi area jualan kaki lima.

Jika sudah melihat keramaian, berarti Anda sudah sampai di pintu masuk pasar kemah. Tandanya adalah adanya logo warna kuning dengan tulisan Arab.

Saat musim haji seperti ini, situasi di pasar pastinya penuh dengan jemaah. Penjual sahut-sahutan menawarkan barang dagangannya layaknya di pasar Tanah Abang.
Ini Tempat Beli Oleh-oleh Murah Meriah di Madinah Transaksi jual beli (Ardhi/detikcom)


Banyak di antara mereka bahkan sudah begitu pede menebak Anda berasal dari Indonesia dan coba merayu untuk melihat barang daganganya.

"Hallo bos, apa kabar? Sini lihat-lihat dulu.." ujar seorang penjual dengan bahasa Indonesia yang cukup jelas.



Selain menyapa, tak sedikit penjual juga 'sok akrab' dengan langsung mengajak salaman, memegang tangan atau merangkul Anda agar barang jualannya bisa dilirik.

"Murah bos, murah. Mau apa? Harga seperti Tanah Abang di sini," tukas penjual lain.

Nah, selanjutnya pertanyaan yang paling penting? Seberapa murah belanja di pasar kemah ini? Apakah setimpal untuk disambangi?

Ini Tempat Beli Oleh-oleh Murah Meriah di Madinah Kurma yang dijual di pasar ini (Ardhi/detikcom)


Sebagai perbandingan, kurma ajwa berukuran kecil di toko ring 1 masjid Nabawi dijual 35-45 riyal per kg, sedangkan ajwa berukuran besar dipatok 45-55 riyal. Namun di pasar Bengali, kurma ajwa kecil bisa ditawar hingga 17 riyal per kg, dan ajwa besar 25 riyal.

Produk lainnya, untuk minyak zaitun sejadah perbedaan harganya bisa 5-10 riyal. Sedangkan untuk sajadah bahkan perbedaannya bisa sampai 30 riyal!

Bagaimana, cukup signifikan kan?



Simak Video "Respons Twitter Ada Mantan Karyawannya Dituduh Memata-matai "
[Gambas:Video 20detik]
(ash/wsw)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA