Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Okt 2019 19:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Negara yang Paling Benci Orang BAB Sembarangan

Afif Farhan
detikTravel
Islandia banyak menyediakan toilet di negaranya (iStock)
Islandia banyak menyediakan toilet di negaranya (iStock)
Jakarta - Sungguh bukan bercanda. Islandia adalah negara yang paling benci orang-orang yang buang air besar (BAB) sembarangan!

Jakarta belum terlepas dari persoalan sanitasi. Masih ada orang Jakarta buang air besar (BAB) sembarangan seperti di sungai. Salah satunya terjadi di Jakarta Barat.

BACA JUGA: Istri Walkot Jakbar Malu Warga BAB Sembarangan: Padahal Monas Masih Terlihat

Soal BAB sembarangan, ada cerita menarik dari Islandia. Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Minggu (6/10/2019), tahukah kamu kalau Islandia adalah negara yang paling benci kalau ada orang BAB sembarangan?

Guide to Iceland, suatu situs pemandu perjalanan ke Islandia, pernah melansir 7 hal yang tidak disukai orang Islandia terkait sektor pariwisata. Salah satunya adalah perkara turis yang BAB sembarangan!

BACA JUGA: Bisakah Kita Segila Jepang dan Islandia dalam Menjaga Alam?

Bagi orang Islandia, simpel saja, BAB sembarangan artinya merusak atau mencemari alam. Khususnya, mencemari sumber mata air.

Tak hanya itu, turis yang BAB sembarangan khususnya mereka yang sedang kemping, pasti meninggalkan bekas-bekas tisu atau sampah lainnya untuk membilas. Sungguh, orang-orang Islandia amat membencinya.

Ppapan penunjuk bertuliskan toilet dalam bahasa IslandiaPpapan penunjuk bertuliskan toilet dalam bahasa Islandia (iStock)


Oleh sebab itu, ada banyak toilet umum yang disediakan apalagi di pedesaan. Namun jika tidak menemukan toilet, tanyakan saja pada warga setempat. Mereka pasti dengan senang hati meminjamkan toilet kepada turis.

Jika memang sudah kebelet dan harus BAB di jalan serta tidak ada toilet, maka siapkan kantong plastik. Nanti kotorannya, bisa dibuang ke tempat sampah.

BACA JUGA: Masih Ada Orang Jakarta BAB Sembarangan, Ini Sebabnya

Toilet-toilet disediakan di sekitar tempat kemping di IslandiaToilet-toilet disediakan di sekitar tempat kemping di Islandia (iStock)


Oke, mungkin kita berpikir kalau orang Islandia berlebihan. Toh, kotoran manusia akan terurai dengan tanah dan tidak membahayakan.

Namun sekali lagi, orang Islandia punya pendirian tegas. BAB sembarangan tidak diizinkan di sana, malah mereka dengan tegas dan keras akan menegur turis yang mau BAB sembarangan.

"Jangan kotori tanah suci kami," begitu slogan orang Islandia.




Simak Video "Asyiknya Berkelana di Eropa dengan Kereta Kuno Bohinj"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA