Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Okt 2019 09:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Unik, India Punya Kebun Teh yang Ramah Gajah

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Ilustrasi Gajah Asia (iStock)
Ilustrasi Gajah Asia (iStock)
Jakarta -
India tak cuma memiliki rumah sakit gajah. Negeri Bollywood ternyata juga punya kebun teh ramah gajah. Penasaran?

Dilansir dari BBC Travel, India punya kebun teh yang friendly dengan aktivitas gajah dalam berlalu lalang. Bagi kebanyakan orang, melihat lalu-lalang gajah di depan mata mungkin bikin cemas tapi di kebun teh yang satu ini justru jadi menarik.




Gajah sering melewati lokasi itu selama migrasi panjang mereka. Selama 75 tahun terakhir, populasi gajah Asia di India telah menurun sebanyak 50% dan di 2018 kira-kira 64 orang tewas akibat konflik saat bertemu gajah.

Tenzing Bodosa, yang merupakan petani kebun teh di Negara bagian Assam, India, menemukan cara "mengharmoniskan" hubungan antara gajah dan manusia. Kebun teh yang friendly dengan gajah itu memiliki luas 3 hektare. Kawasan ini tidak dilengkapi parit dan pagar listrik yang biasa digunakan petani lain di daerah itu.

Unik, India Punya Kebun Teh Yang Ramah GajahIlustrasi gajah. (Foto:iStock)

Pekerja di ladang Bodosa membiarkan gajah lewat dengan tenang dan aman, tanpa ancaman cedera. Ini juga dilakukan untuk mencegah potensi kematian terhadap gajah ketika manusia berusaha mengusir mereka.

Selain membiarkan gajah-gajah ini lewat dengan aman, para petani juga tidak memberikan pestisida kimia, yang dapat meracuni gajah dan tumbuhan yang mereka makan. Boddosa juga telah memberikan pelatihan khusus kepada 30.000 petani di perkebunan teh miliknya tersebut.
Uniknya, perkebunan Boddosa juga menambah tumbuh-tumbuhan, bambu, dan beberapa tumbuhan lain yang gajah sukai. Inovasi Boddosa ini tidak luput dari perhatian. Perkebunannya mendapat sertifikat sebagai jaringan perusahaan yang ramah terhadap hewan dan menjadi satu-satunya perkebunan yang ramah gajah.

Setiap tahun, sekitar 100 turis dari seluruh dunia mendatangiperkebunanBodosa. Beberapa bahkan tinggal di sana selama beberapa bulan. Tamu juga diajak ke kebun dan mencicipi tiga macam teh organik seraya melihat langsung gajah-gajah yang berlalu lalang. Seru ya!


Simak Video "Serunya Menyusuri Kebun Teh Puncak "
[Gambas:Video 20detik]
(elk/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA