Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Okt 2019 20:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

7 Keajaiban Dunia Baru yang Kamu Perlu Tahu

Abdul Jalil
detikTravel
7 Keajaiban Dunia. Foto: (Ardhan Adi Candra/detikcom)
7 Keajaiban Dunia. Foto: (Ardhan Adi Candra/detikcom)
Jakarta - Telah mengalami banyak revisi, gelar 7 keajaiban dunia lama sudah berganti ke daftar yang baru. Ingin tahu 7 keajaiban dunia terbaru? simak daftarnya berikut ini.

Pada tahun 2007, sebuah organisasi yang bernama 7 Wonders Foundation, secara resmi merilis New 7 Wonders of the World. Organisasi yang berkantor pusat di Zurich, Swiss ini, memilih 7 Keajaiban Dunia yang baru berdasarkan pemungutan suara terhadap 100 juta orang lebih, mengenai situs-situs penting, atau bangunan-bangunan penting peninggalan sejarah.


Jutaan orang tersebut menyatakan keajaiban berikut ini lebih layak daripada yang lain. Tidak mengherankan, dari daftar tersebut merupakan situs warisan Dunia UNESCO. Dan dilansir detikcom dari matadornetwork.com, inilah 7 Keajaiban Dunia Baru dan penjelasannya yang bersejarah, ikonik, dan sangat fotogenik.

1. Taj Mahal, India

7 keajaiban dunia yang ada di India.7 keajaiban dunia yang ada di India. Foto: Asri Vernon/d'Traveler

Bangunan berbahan dasar marmer putih ini, merupakan simbol cinta seorang Kaisar Mughal Shah Jahan kepada mendiang sang istri, Mumtaz Mahal, yang kala itu melahirkan 14 anak namun meninggal saat melahirkan.

Jahan yang kehilangan istri tersayangnya, memerintahkan sekitar 20.000 pekerja dan 1.000 gajah, untuk membangun Taj Mahal pada tahun 1631 dan selesai pada 1648. Bangunan ini berlokasi di Agra, negara bagian Uttar Pradesh. Persisnya sekitar 212 kilometer dari selatan ibu kota India, New Delhi.

2. Chichén Itzá, Meksiko

Salah satu dari 7 Keajaiban dunia ini, masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO setelah ditemukan pada 1841. Chichén Itzá merupakan sisa peninggalan suku Maya, yang pada masa kejayaannya sekitar 600 M hingga 1200 M adalah kota besar, dan pusat kekuatan di daerah tersebut.

Chichén Itzá jika diterjemahkan berarti "di bibir mata air raykat", itu diyakini merujuk pada Semenanjung Yucatán terkenal dengan sungai bawah lautnya, dan lubang pembuangan air tawar terbuka, yang disebut cenote. Air adalah bagian integral dari kehidupan di sini. Dan kemungkinan merupakan faktor dalam kesuksesan kota tersebut, sebelum akhirnya hilang misterius.

3. Coloseum, Italia

Coloseum, jadi salah satu 7 keajaiban di dunia.Coloseum, jadi salah satu 7 keajaiban di dunia. Foto: Ristiyanti Handayani/d'Traveler


Bangunan ini nampak seperti stadion, dan merupakan tempat pertarungan gladiator dan binatang pada zaman itu. Colosseum mulai dibangun oleh Kaisar Vespasian sekitar 70 Masehi, di Roma, Italia. Bangunan selesai pada masa pemerintahan puteranya, Titus, pada abad 80 Masehi.

Amfiteater besar ini memiliki lebih dari 80 pintu masuk, dan tempat duduk untuk sekitar 50.000 orang. Saat ini beberapa bagian Colosseum telah hancur karena gempa bumi, penjarah, pengacau, atau kebakaran. Namun, masih memiliki pemandangan yang indah, banyak pengunjung hingga kini.

4. Christ the Redeemer, Brazil

7 Keajaiban Dunia Baru yang Kamu Perlu Tahu Christ the Redeemer. Foto: Ken Yunita

Patung Kristus yang ikonik ini berada di Rio de Janeiro, Brazil. Selesai dibangun pada tahun 1931, patung ini tinggi menjulang 98 kaki dengan tangan terentang. Dianggap sebagai monumen buatan manusia terindah di dunia, dan simbol kedamaian dan sambutan.

5. Petra, Jordania

Situs peninggalan ini diukir di permukaan batu, yang sangat besar dan luar biasa, dan diyakini telah didirikan sekitar 300 SM. Petra berasal dari bahasa Yunani kuno "Petros" yang berarti "batu"

Tempat ini pernah diangkat di film 'Indiana Jones and the Last Crusade' (1989). Berada di selatan Yordania antara Laut Mati dan Laut Merah, beberapa jam berkendara dari ibu kota, Amman.

6. Tembok Raksasa, Tiongkok

7 Keajaiban Dunia Baru yang Kamu Perlu Tahu 7 keajaiban dunia di Asia. Foto: Mega Caesaria/d'Traveler


Salah satu dari 7 keajaiban dunia di Asia ini adalah sebuah tembok besar yang meliuk-liuk di atas bukit perbatasan Tiongkok dengan Mongolia, panjangnya sekitar 20.000 kilometer (12.427 mil) dan melintasi sembilan provinsi.

Dinding itu sebenarnya dibangun pada waktu yang berbeda, dan untuk alasan yang berbeda pula. Tembok yang lebih tua berasal dari 700 SM, dan bagian-bagian ini menunjukkan usia mereka hingga hari ini.

Beberapa bagian tembok yang terasa lebih baru, dibangun pada masa Dinasti Ming ketika bangsa tiongkok berperang dengan orang-orang Mongolia. Namun orang-orang Mongol di bawah perintah Kublai Khan, berhasil menembus tembok ini sekitar tahun 1300-an, dan mendirikan pemukiman serta area perdagangan di kawasan yang sekarang bernama Beijing.

7. Machu Picchu, Peru

Nah yang terakhir dari daftar 7 keajaiban dunia baru adalah Machu Picchu yang berada di Peru. Salah satu situs paling mengesankan di dunia ini, dibangun 7.000 kaki di atas permukaan laut, dan dianggap sebagai destinasi yang paling sulit dijangkau dari seluruh destinasi dalam daftar ini.

Machu Picchu merupakan benteng kuno yang dibangun suku Inca pada abad ke-15. Namun pembangunannya tidak sampai selesai akibat invasi spanyol pada abad ke-16. Diperkirakan hanya sekitar 750 orang yang tinggal di sini karena merupakan kerajaan dan bukan kota yang layak. Dalam bahasa asli, Quechua, namanya berarti "Puncak Tua"







Simak Video "Ternak, Kelinci, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA