Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 10 Okt 2019 19:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Mengulik Kunai dan Ninja

Afif Farhan
detikTravel
Ilustrasi ninja (Sora News)
Ilustrasi ninja (Sora News)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto ditusuk dengan senjata tajam semacam kunai oleh seorang pria di Pandeglang, Banten. Kunai disebut-sebut sebagai senjata ala ninja.

Penusukan itu terjadi di Alun-alun Menes, Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019), sekitar pukul 11.50 WIB. Peristiwa itu terjadi dengan cepat dan melukai tiga orang.

BACA JUGA: Kronologi Penusukan Wiranto di Pandeglang

Berdasarkan foto yang diperoleh detikcom, ada dua senjata tajam berwarna hitam dengan tali merah melilit pegangannya. Senjata itu adalah kunai atau pisau yang dipakai ninja. Foto tersebut dibenarkan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

"Betul. Digunakan oleh pelaku pria," kata Brigjen Dedi.

BACA JUGA: Ini Senjata ala Ninja yang Dipakai untuk Tusuk Wiranto

Apa Itu Ninja?

Kita semua tahu, ninja berasal dari Jepang. Namun untuk mencari informasi yang kredibel soal ninja, adalah hal yang sulit.

Dirangkum detikcom dari BBC, ninja adalah pasukan mata-mata yang penuh rahasia. Diyakini, Kota Iga dan Kota Koga merupakan pusatnya para ninja.

Jasa ninja digunakan oleh para penguasa di Zaman Edo pada tahun 1600-an. Ninja bukanlah pasukan pembunuh, meski mereka dilengkapi dengan keterampilan seni bela diri ninjutsu dan berbagai senjata. Tugas utama ninja adalah memata-matai dan mencuri dokumen rahasia.

Tak ayal, ninja identik dengan pakaian yang berwarna hitam. Hal itu merupakan kamuflase mereka untuk bisa bergerak sembunyi-sembunyi.

Mengulik Kunai dan NinjaFoto: (Ninja Museum)


Diam dan Cerdas

Diam dan cerdas adalah prinsip bagi ninja dalam menjalankan aksinya. Mereka tidak boleh ketahuan dan harus menyelesaikan misi dengan baik.

Mereka lebih memilih kabur daripada harus berhadapan satu lawan satu. Maka oleh karena itu, bagi ninja, berkelahi adalah pilihan terakhir!

BACA JUGA: Inilah Desa Konoha di Dunia Nyata

Kalau begitu, untuk apa senjata-senjata ninja?

Senjata-senjata ninja digunakan untuk melindungi diri. Pun perlu diketahui, hampir sebagian besar senjata ninja digunakan untuk pertarungan jarak jauh. Beberapa di antaranya seperti kusari gama berupa gabungan dari pisau kecil dan rantai panjang di ujungnya terdapat pemberat, fukiya alias sumpit, shuriken suatu senjata andalan ninja yang terbuat dari logam berbentuk seperti bintang bersisi tajam dan kunai yang berupa pisau dengan ukuran kecil.

Mengulik Kunai dan NinjaFoto: (Ninja Museum)


Senjata-senjata itu digunakan untuk menghalau musuh dan melindungi diri dari kejauhan. Bahkan ada perkataan ninja yang terkenal, 'mengayunkan pedang adalah seni bela diri paling rendah'.

BACA JUGA: Kunai, Senjata Jarak Dekat ala Ninja yang Bikin Wiranto Terluka

Ada yang menarik soal kunai yang sedang ramai diperbincangkan. Kunai memang pisau kecil yang tajam, tapi ninja jarang menggunakannya untuk membunuh.

Kunai biasanya digunakan untuk memanjat dan menggali. Kunai besar berukuran 35-48 cm disebut sebagai 'daikunai'. Sedangkan kunai kecil berukuran 18 cm disebut sebagai 'shokunai'.

Namun jika ninja sudah ketahuan dan harus bertarung, maka kunai adalah salah satu pilihan efektif. Selain bisa menusuk dari dekat, kunai juga bisa dilemparkan.

Mengulik Kunai dan NinjaFoto: (Ninja Museum)


Kehidupan ninja memang selalu menarik untuk dikulik. Bagi traveler yang mau liburan ke Jepang, cobalah melipir ke Kota Iga.

Kota Iga dapat ditempuh dengan naik mobil selama sekitar 1 jam dari Kota Osaka. Di Kota Iga, terdapat Ninja Museum yang menyimpan sejarah dan berbagai hal tentang ninja.



Simak Video "Kunai, Senjata Naruto yang Tusuk Wiranto"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA