Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Okt 2019 21:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Masjid Paling Selatan di Bumi

Afif Farhan
detikTravel
Southland Muslim Association (Southland Muslim Association)
Southland Muslim Association (Southland Muslim Association)
Invercargill - Mungkin kamu belum tahu, di Selandia Baru ada masjid yang disebut sebagai masjid paling selatan di Bumi. Seperti apa rupanya dan kehidupan muslim di sana?

Masjid itu bernama Southland Muslim Association, sekaligus nama komunitas Muslim di Kota Invercargill, Selandia Baru. Kota ini berada di bagian paling selatan dari South Island dan dekat dengan Lingkar Antartika.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, Senin (21/10/2019), dari Kota Wellington, butuh waktu selama 2 jam terbang naik pesawat untuk menuju ke sana. Kota Invercargill dihuni sekitar 50 ribu penduduk, yang rata-rata bekerja sebagai nelayan, bertani atau berkebun.

BACA JUGA: Hidup di Kota yang Mataharinya Tak Terbenam, Bagaimana Salatnya?

Islam masuk ke Kota Invercargill pada tahun 1980-an. Adalah para imigran dari Iran, Pakistan, Bangladesh dan Malaysia yang mengadu nasib ke sana untuk bekerja. Mereka lalu membentuk komunitas dan pelan-pelan membangun Southland Muslim Association di awal tahun 2008.

Umat muslim di depan masjidnyaUmat muslim di depan masjidnya (Southland Muslim Association)


Jumlah umat Muslim di Kota Invercargill, hanya kisaran ribuan orang saja. Tapi, itu tak membuat mereka patah arang untuk saling bersilaturahmi dan beribadah. Lambat laun, mereka membutuhkan masjid sebagai tempat ibadah yang mampu menampung banyak orang.

Kemudian di akhir tahun 2008, barulah didirikan semacam masjid yang namanya mirip komunitasnya, Southland Muslim Association. Beralamat di 31 FairView Avenue, Invercargill, 9810, Southland Muslim Association diklaim sebagai masjid di bagian paling selatan Bumi!

Kehidupan umat muslim di sanaKehidupan umat muslim di sana (Southland Muslim Association)


BACA JUGA: Allahu Akbar di Korea Selatan

Dilihat dari situs resmi Southland Muslim Association, masjid itu hanya memiliki satu lantai yang terbagi dalam beberapa ruangan. Ada ruang perpustakaan, dapur, tempat salat pria, dan wanita yang dipisah dan tempat untuk belajar anak-anak kecil.

Hingga kini, kegiatan keagamaan baik untuk ibadah salat sehari-hari seperti salat Jumat, pengajian, dan dakwah digelar di Southland Muslim Association. Umat muslim di sana pun hidup berdampingan dengan umat beragama lainnya.

Bagian dalam masjidnyaBagian dalam masjidnya (Southland Muslim Association)


Kalau sedang ke Selandia Baru, coba mampir ke Southland Muslim Association. Inilah masjid paling selatan di Bumi, dekat dengan Kutub Selatan.



Simak Video "Renovasi Istiqlal di Minggu ke-23, Memasuki Pengerjaan Gedung Parkir"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA