Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Okt 2019 07:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Tempat di Bumi yang Punya Banyak Julukan Ter-

Bonauli
detikTravel
Kawah di Danakil (iStock)
Kawah di Danakil (iStock)
Afar - Nama tempat ini Danakil Depression. Sebagai gurun, Danakil punya ragam julukan "ter-" yakni terpanas, terpencil, terkering, dan terendah di Bumi.

Danakil Depression adalah sebuah kawasan gurun di utara Ethiopia, Afrika. Yang membuat kawasan ini menarik adalah statusnya sebagai daerah terpanas di bumi, seperti diintip detikcom dari berbagai sumber, Senin (21/10/2019).

Tak seperti gurun lain di Afrika, Danakil justru lebih terlihat cantik. Bukan padang pasir, area gurun di kawasan Afra ini berupa tanah dan bebatuan yang berwarna-warni. Warna yang dihasilkan oleh gurun ini berasal dari belerang, sulfur, mineral dan garam dalam batuannya. Tapi bukan cuma ini yang menarik dari Danakil.

Ini Tempat yang Punya Banyak Julukan Ter- di BumiFoto: (iStock)

Berdasarkan suhu rata-rata sepanjang tahun, Danakil memiliki temperatur 34,5 derajat celcius. Hariannya, suhu tempat ini bisa mencapai 50 derajat celcius. Ini mengapa tempat ini jadi yang terpanas di bumi.

Nampaknya, Danakil tak henti-hentinya untuk membuat dunia terpesona. Selain terpanas, Danakil juga jadi salah satu titik terendah di bumi. Ketinggian Danakil yaitu 125 meter di bawah permukaan laut. Yang paling rendah bernama Dallol.

Ini Tempat yang Punya Banyak Julukan Ter- di BumiFoto: (iStock)

Hal ini dikarenakan Danakil dibentuk oleh Afar Triple Junction. Afar Triple Junction adalah pertemuan retakan 3 lempeng tektonik yang memotong Ethiopia, Eritrea dan Djibouti.

Retakan ini masih terus aktif dan jadi yang terbesar di bumi. Saking aktif dan besarnya, Danakil diprediksikan tenggelam menjadi samudera 10 juta tahun ke depan.

Semua keunikannya membuat Danakil terlihat menggiurkan sebagai tempat wisata. Kalau datang ke sana bisa lihat apa?

Ini Tempat yang Punya Banyak Julukan Ter- di BumiFoto: (iStock)

Sebagai gurun yang unik, Danakil memberikan traveler kesempatan untuk berjalan di atas bebatuan warna-warni. Ada pula kolam air belerang yang tak kalah cantik untuk dipamerkan dalam media sosial.

Saat malam tiba, traveler bisa menyaksikan kawah-kawah api dan kilau batuan sulfur yang sangat indah. Belum lagi ada danau garam yang bisa traveler pijak. Danau garam ini memiliki ketebalan permukaan mencapai 2 km. Seolah berjalan di atas kaca, kamu akan dibuat terpesona oleh keindahan sekeliling Danakil.

Bagaikan berada di tempat tinggal alien, traveler juga tak bisa berkunjung ke sini dengan mudah. Danakil menjadi salah satu area terpencil bumi.

Ada jasa operatur tur setempat yang bisa traveler pilih sebagai pemandu. Contohnya Ethio Travel and Tours dan Visit Ethiopia Tours, paketnya mulai dari Rp 8 juta untuk 3 malam.

Ini Tempat yang Punya Banyak Julukan Ter- di BumiFoto: (iStock)


Selama tur ke Danakil, traveler diminta untuk mengikuti semua peraturan yang diberikan oleh operatur tur. Yang paling umum, adalah berhati-hati dalam melangkah saat berjalan di Danikil. Belum lagi muncratan air belerangnya cukup panas dan bisa bikin kulit terluka.

Traveler akan diminta untuk selalu menggunakan masker. Cuaca yang panas dan asap belerang yang terus menguap bisa membuat kepala pusing dan perut mual.

Bukan cuma karena terpencil, tempat ini sulit dijangkau karena adanya konflik antar etnis. Kelaparan, kemiskinan dan angka kriminalitas sangat tinggi dan cukup berbahaya bagi wisatawan.

Meski demikian, Danikil tetap saja bikin penasaran. Apalagi dengan banyaknya julukan ter- yang disabetnya. Rasanya ini sebanding dengan pemandangan mempesonanya yang mirip dengan tempat tinggal alien.




Simak Video "Danakil, Gurun yang Dijuluki Tanah Alien"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA