Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Okt 2019 19:31 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pengalaman Mencari Masjid di Jepang untuk Sholat Jumat

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Masjid di Jepang (Foto: Dadan K/detikcom)
Masjid di Jepang (Foto: Dadan K/detikcom)
Jakarta -

Beberapa tahun yang lalu, mungkin cari masjid di Jepang ibarat mencari jarum di tumpukan jerami. Sebab jumlahnya masih sangat terbatas. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini sudah bermunculan masjid-masjid, bahkan di pusat perbelanjaan sekalipun.



Pemerintah Jepang mulai menyadari adanya kebutuhan wisatawan muslim yang melancong ke Negeri Sakura tersebut. Apalagi dengan fakta makin meningkatnya jumlah wisman dari Timur Tengah dan Indonesia yang umumnya beragama Islam.

Jadilah beberapa pusat perbelanjaan atau Mal di Negeri Sakura itu sekarang sudah memiliki sarana musola dan tempat wudhu. Seperti di mall Mitsui yang terletak dekat bandara Chitose Hokkaido Jepang sudah memiliki tempat sholat. Mencari masjid di Jepang mulai tak susah.

Tapi jika Anda tengah berada di Hokkaido dan hari itu tengah hari Jumat, Jumatan di mana ya?

Beruntung kenalan kami di Jepang, warga Indonesia yang sudah menikah dengan orang Jepang dan tinggal di Jepang, Deden Tohir punya informasi seputar masjid di Jepang. Khususnya kami yang saat itu tengah berada di Kota Sapporo. Berpisah dengan rombongan inti kami menuju sebuah masjid kecil di Sapporo.

Beda dengan masjid pada umumnya, masjid Sapporo ini tergolongg kecil dan tidak memiliki kubah. Bangunannya mirip rumah atau rumah toko biasa. Satu-satunya penanda bahwa itu tempat sholat adalah tulisan Sapporo Masjid di bagian atas.

[Gambas:Video 20detik]

Masjid ini terdiri dari dua lantai. Lantai bawah untuk sholat dan lantai atas kadang dipakai untuk pengajian.

"Jangan lupa keringkan kaki ya biar karpetnya tidak bau," ujar seorang pengelola masjid. Anjuran untuk mengeringkan kaki pun banyak ditempel di dinding.

Masuk ke dalam ukuran masjid pun tak terlalu luas. Kurang lebih ukurannya sekitar 7x10 meter persegi. Namun jemaahnya cukup banyak, ada yang datang dari Asia, Afrika dan Timur Tengah. Tapi kebanyakan waktu detikcom datang adalah jamaah asal Indonesia.



"Wah pada dari Prancis ya prapatan Ciamis," kelakar seorang bapak yang kelihatan senang melihat banyak orang Indonesia di masjid.

Jumatan di Sapporo dimulai pukul 12.15 waktu setempat sampai pukul 12.45. Yang menarik khatibnya pakai celana dan jaket jeans tapi fasih berbahaa Arab dan menganjurkan Jamaahnya untuk lebih mencermati dan menghayati Al Quran.

Walhasil meski kami berada di negeri yang mayoritas non muslim, sholat Jumat tak terlewatkan. Sebab sudah berdiri beberapa masjid di Jepang.





Simak Video "Mengenal Master Mushaf Alquran Standar Indonesia Rasm Usmani"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA