Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Nov 2019 07:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Fakta Bouvet: Pulau Antah Berantah

Afif Farhan
detikTravel
1

Ada apa di sana dan bisakah kita datang?

Halaman 2 dari 2

Foto: (British Antarctic Survey/BBC)

3. Ada apa di sana?

Mengenal Pulau Bouvet lebih dekat, pulau ini memiliki luas sekitar 49 km persegi. Menurut penelitian para ahli, Pulau Bouvet adalah pulau vulkanik yang sangat tandus, serta 90 persen wilayahnya tertutup oleh gletser (bongkahan es besar yang menutupi permukaan tanah).

Para penghuni Pulau Bouvet adalah burung, penguin dan anjing laut. Hewan-hewan itu pun tidak menetap selamanya di sana, artinya hanya mampir saja.

5 Fakta Bouvet: Pulau Antah BerantahPara peneliti melakukan penelitian pemanasan global di Pulau Bouvet (British Antarctic Survey/BBC)

4. Tak sembarang orang bisa datang

Pemerintah Norwegia menjadikan Pulau Bouvet sebagai kawasan cagar alam. Pemerintah Norwegia sebenarnya membangun stasiun penelitian di sana, sebagai tempat tinggal para peneliti satwa dan lainnya. Namun para peneliti tersebut hanya beberapa bulan saja diizinkan menetap, demi faktor keselamatan. Asal tahu saja, dalam satu tahun bisa terjadi 300 kali badai salju di sana.

Pemerintah Norwegia pun tidak memberikan sembarangan izin kepada turis untuk mengunjungi Pulau Bouvet. Hanya para peneliti saja yang diizinkan untuk datang ke sana (tentu dengan proses yang sangat ketat).

BACA JUGA: Kehidupan di Pulau Kekecewaan

5. Turis bisa lihat dari kapal

Traveler yang benar-benar punya jiwa petualang dan banyak uang silakan ikut paket tur dari operator-operator wisata minat khusus yang menawarkan ekspedisi di Kutub Selatan dan sekitarnya. Beberapa di antaranya seperti Polar Cruises, Ocean Wide Expeditions dan Adventure Life.

Perjalanannya dimulai dari Argentina, lalu berlayar selama 1 bulan mengelilingi Kutub Selatan dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, seperti Pulau Bouvet. Harga paling murah mulai dari USD 7.950 atau sekitar Rp 103 juta.

(aff/aff)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA