Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Nov 2019 19:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bandara Ini Tanpa Menara Pemandu Lalu Lintas Udara, Kok Bisa?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Bandara tak punya menara ATC (Foto: Bandara Pegunungan Skandinavia/CNN)

Bandara Ini Tak Punya Menara ATC, Lhah Gimana?Foto: Bandara Pegunungan Skandinavia/CNN

Pengawasan yang lebih baik

Ada beberapa kamera dan sensor di sekitar lapangan terbang dan sekitar Bandara Pegunungan Skandinavia langsung. Lalu data itu disampaikan ke pusat kendalinya di Sundsvall, Swedia bagian tengah.

"Dari sudut pandang teknologi, kami memiliki pengawasan yang lebih baik," jelas Hansman.

Layar dengan tingkat ketajaman yang tinggi akan memberi operator tampilan 360 derajat, tapi diringkas menjadi busur 225 derajat. Artinya jendela virtual ini dapat menawarkan tinjauan yang lebih komprehensif daripada menara tradisional dalam beberapa hal.




Ada augmented reality yang memungkinkan operator untuk melihat informasi penerbangan dan radar yang melalui video langsung. Suara dari bandara yang biasa diputar melalui speaker juga terdengar ke pusat kendali jarak jauh.

Keuntungan lain dari teknologi jarak jauh adalah soal penglihatan yang lebih ditingkatkan pada malam hari dan dalam kondisi cuaca buruk. Operatornya dapat memperbesar dan memperkecil gambar yang diterima dengan mudah.

Bandara Pegunungan Skandinavia melayani area ski terbesar di Skandinavia dan dirancang untuk melayani empat penerbangan secara bersamaan, dari maskapai SAS dan Braathens Regional. Ketika dibuka pada 22 Desember 2019, bandara ini akan menjadi gerbang bagi pengunjung ke resor ski Salen di Swedia dan Trysil di Norwegia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA