Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 30 Nov 2019 19:31 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sejarah Shinkansen Ubah Tatanan Dunia Kereta

Sejarah kereta cepat Shinkansen Jepang (Foto: CNN)

Peta jalur Shinkansen di JepangPeta jalur Shinkansen di Jepang (Foto: CNN)

Rel berkecepatan tinggi di seluruh dunia

Pada 2016-2017, Tokaido Shinkansen dapat mengangkut 159 juta penumpang, beroperasi hingga 13 kereta per jam. Masing-masing kereta dapat mengangkut lebih dari 1.300 penumpang dan frekuensi lebih tinggi ada di jalur bawah tanah.

Oleh karena itu tidak mengherankan bila banyak negara lain telah mengikuti Jepang dan membangun jalur kereta baru berkecepatan tinggi selama empat dekade terakhir. Yang paling terkenal di antaranya adalah Prancis yang telah mengoperasikan Kereta a Grand Vitesse (TGV) antara Paris dan Lyon sejak 1981.

Seperti Jepang, Prancis telah berhasil mengekspor teknologinya ke negara-negara lain. Jaringan kereta berkecepatan tingginya ada yang terpanjang se-Eropa di Spanyol, serta Belgia, Korea Selatan, Inggris dan yang terbaru menjadi yang pertama di Afrika dimiliki oleh Maroko.


Jaringan TGV Prancis sangat sukses memangkas waktu perjalanan jarak jauh antar kota-kota besar di negara itu. Kereta api berkecepatan tingginya juga terjangkau, bahkan biasa bagi para komuter biasa.

Italia, Jerman, Belanda, Taiwan, Turki, dan Arab Saudi kini juga mengoperasikan kereta cepat dan bersaing dengan maskapai penerbangan di rute domestik dan internasional. Di Inggris, kereta berkecepatan tingginya, Eurostar, melaju dari London ke Paris, Brussels dan Amsterdam, dan jalur lainnya yang masih dalam pembangunan akan selesai sebelum tahun 2040.

Sementara itu, India dan Thailand sedang merencanakan pembangunan jaringan kereta api berkecepatan tinggi dan akan dibangun pada tahun 2020-an. AS yang lebih menyukai perjalanan darat dan udara untuk perjalanan jarak jauh, juga punya rencana membangun kereta api berkecepatan tinggi di California dan Texas.

Virgin Train berencana memperluas rute yang telah ada dan akan menghubungkan Miami-West Palm Beach lalu terhubung dengan Orlando. Jalur lama juga ditingkatkan agar kereta dapat berjalan pada kecepatan yang relatif tinggi, yakni 177 kph.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA