Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Des 2019 08:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kampung Aladdin di Dunia Nyata

Bonauli
detikTravel
Al Seef, Kampung Aladdin dari Kota Dubai. (Foto: Bonauli/detikcom)
Dubai - Siapa bilang Dubai cuma punya bangunan pencakar langit? Mampir saja ke kawasan pesisir Dubai, Al Seef, yang penampakannya sangat mirip dengan kampung di kisah Aladdin.

Jalan-jalan ke kota Dubai, tak melulu soal kemewahan dan teknologi. Di area Dubai Creek, terdapat destinasi baru bernama Al Seef, kawasan budaya yang diresmikan pada tahun 2017. Pesisir Dubai Creek dipilih karena pesisir sepanjang 1,8 km ini dulunya jadi tambak mutiara.

Meski destinasi baru, namun Al Seef mengunakan gaya bangunan lama. Bangunannya berwarna coklat alami dari tanah dan pasir. Tak ada warna cat, tiap bangunannya terasa alami dengan pahatan tanah liat.

Al Seef, Kampung Aladdin dari Kota DubaiFoto: (Bonauli/detikcom)

Pintu kayu, jendela dan menara angin melekat erat pada tiap bangunan. Struktur kayu terlihat sebagai peyangga bangunan. Kalau diibaratkan seperti suasana kampung di film Aladdin.

Sebagai Dubai's heritage district, Al Seef memberikan gambaran masa lalu dari orang-orang emirati. Kanopi yang dibentangkan di antara dua bangunan sangat teduh dan nyaman untuk berjalan-jalan.

Tanda tempat salat diletakkan di beberapa bangunan. Tak perlu takut nyasar pula karena kawasan ini benar-benar mempermudah wisatawan yang datang.


Selain memperkenalkan kekayaan masa lalu Dubai, Al Seef juga digunakan sebagai tempat wisata kuliner khas emirati. Berbagai restoran atau kafe digelar untuk mempercantik tampilan Al Seef.

Pasar tradisional pun disiapkan untuk memuaskan wisatawan yang haus akan budaya emirati. Ada Al Seef Heritage Souk dan pedagang-pedagang kaki lima yang membuat "Kampung Aladdin" ini semakin hidup.

Al Seef, Kampung Aladdin dari Kota DubaiFoto: (Bonauli/detikcom)

Tak perlu khawatir soal keamanan. Di tiap sudutnya, bangunan-bangunan Al Seef punya CCTV untuk memantai wisatawan. Petugas keamanan pun berkeliling dengan berjalan kaki dan menggunakan golf car.

Pemerintah Dubai rasanya tak main-main. Bukan cuma tampilan luar yang dibuat mempesona, toiletnya pun didandani dengan tampilan jadul sarat teknologi. Pintu kayu yang berat, keran model lama dan sensor suhu tubuh dikawinkan dengan apik.

Al Seef, Kampung Aladdin dari Kota DubaiFoto: (Bonauli/detikcom)

Kawasan budaya Al Seef akan semakin ramai ketika malam tiba. Pendar lampu-lampu jalan akan dinyalakan. Pemandangan ke arah laut semakin dramatis.

Tak ada biaya yang dikenakan untuk masuk ke Al Seef. Setelah puas menjajal Al Seef, wisatawan pun bisa wisata air untuk melihat perkampungan ini dari atas kapal.

Melihat sudut-sudut yang instagramble dan kegiatan wisata yang lengkap membuat Al Seef wajib untuk disambangi saat liburan ke Dubai.


(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA