Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Des 2019 19:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sambut Natal, Negara Ini Punya Tradisi Iblis Bertopeng

Putu Intan
detikTravel
Foto: (Reuters)
Foto: (Reuters)
Valasska Polanka - Ceko punya tradisi unik dimana sekelompok orang bertopeng iblis akan mengejar anak-anak dalam perayaan sebelum Natal.

Dilansir dari Reuters, Minggu (8/12/2019), iblis bertopeng itu berjalan berbaris melewati desa di Valasska Polanka yang letaknya sekitar 330 kilometer dari ibu kota Praha, Republik Ceko. Iblis-iblis ini memainkan rantai dan membunyikan lonceng, kemudian mendatangi rumah-rumah penduduk untuk mencari anak yang nakal.

Tradisi ini sebenarnya merupakan perayaan terhadap Santo Nicholas yang menenangkan anak-anak dengan permen usai mereka melihat iblis menyeramkan itu. Santo Nicholas merupakan seorang uskup dari kota kuno Myra yang hidup pada abad ke-3 dan ke-4. Ia terkenal akan kebaikan dan kemurahan hatinya. Sosoknya juga kerap disebut mengilhami terciptanya Santa Claus.

Kendati orang-orang dalam kostum iblis itu terlihat menyeramkan, anak-anak justru senang dengan kehadiran 40 tokoh bertopeng dari kulit domba tersebut.



Tradisi Iblis Bertopeng dalam Perayaan Pra-Natal di CekoFoto: (Reuters)


"Tradisi itu indah, kami menikmatinya, kami melarikan diri dari iblis-iblis itu, mereka mengejar kami, itu luar biasa," kata Vaclav Kozubik seorang remaja dari desa itu.

Salah satu iblis bercerita kalau ia mengenakan topeng yang telah berusia 40 tahun. Topeng ini dulunya adalah milik sang ayah. Ia juga mengkritik kostum baru seperti topeng Krampus yang dikenakan pada periode Natal di seluruh Eropa Tengah.

Tradisi Iblis Bertopeng dalam Perayaan Pra-Natal di CekoFoto: (Reuters)


"Anak-anak (yang lebih muda) sedikit dipengaruhi oleh Krampus, mereka berusaha menyesuaikan tanduk mereka, tetapi kami yang lebih tua tidak begitu menyukainya; kami ingin tradisi Polanka berlanjut," ujar seorang pria bertopeng yang menyebut namanya Cerny Cert yang berarti Iblis Gelap.

Topeng yang digunakan ini rupanya sudah ada sejak zaman Pagan, sebelum agama Kristen masuk ke Eropa, sebagaimana diwartakan Associated Press. Topeng ini dulu digunakan orang-orang di daerah pegunungan untuk mempertahankan diri melawan setan-setan musim dingin.

Simak Video "Comeback Republik Ceko Bikin Inggris Merana"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA