Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jan 2020 13:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

24 Situs Warisan Dunia Ini Terancam Perang AS-Iran

Sistem hidrolik Shushtar, Situs Warisan Dunia UNESCO di Iran (Foto: CNN)

24 Situs Warisan Dunia Ini Terancam Perang AS-IranHutan Hyranian, Iran (Foto: CNN)

19. Takht-e Soleyman

Situs arkeologi di barat laut wilayah gunung berapi Iran ini memiliki makna simbolis dan spiritual yang kuat terkait dengan api dan air, menurut UNESCO. Takht-e Soleyman sebagai bukti tentang kelanjutan sekte yang berhubungan dengan api dan air selama sekitar 2.500 tahun.

20. Kota Tua Tchogha Zanbil

Reruntuhan kota suci Kerajaan Elam dikelilingi oleh tiga tembok konsentris yang besar. Kota ini dibangun dari tahun 1250 SM, menurut UNESCO.

21. Taman Persia

Taman ini terdiri dari sembilan kebun, di berbagai wilayah Iran, yang berasal dari periode yang terpisah sejak abad ke-6 SM. "Air memainkan peran penting untuk irigasi dan ornamen. Taman Persia disusun untuk melambangkan Eden dan empat unsur Zoroaster yakni langit, bumi, air, dan tanaman," kata UNESCO.

22. Qanat Persia

Sistem irigasi yang vital ini terdiri dari 11 qanat. Yakni metode kuno menggali akuifer alluvial di lembah bagian atas dan mengalirkan air di sepanjang terowongan bawah tanah dengan gravitasi. "Panjangnya lebih dari beberapa kilometer," menurut UNESCO.

23. Hutan Hyranian

Hutan Hyrcanian adalah prumah bagi banyak spesies tanaman yang terancam punah, kata UNESCO. Selain 22 situs budaya UNESCO di atas, Iran juga menawarkan dua situs alami yang terdaftar sebagai warisan dunia , yakni hutan Hyrcanian dan gurun Lut.

Hutan ini membentang 850 kilometer di sepanjang pantai selatan Laut Kaspia dan berumur 25 hingga 50 juta tahun, menurut UNESCO. Hutan ini adalah rumah bagi 180 spesies burung dan 50 spesies mamalia.

24. Gurun Lut

Dalam bahasa Persia, Lut mengacu pada tanah kosong tanpa air dan tanpa vegetasi, menurut UNESCO. Gurun berpasir ini terletak di barat daya Iran.

Lanskapnya bergelombang. Hal itu di karenakan angin kencang yang menyapu wilayah Gurun Lut antara Juni dan Oktober setiap tahun.
Halaman
1 2 3 4 Tampilkan Semua

(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA