Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Jan 2020 05:10 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Dua Negara Ini Namanya Mirip Banget, Bukan Austria & Australia

Afif Farhan
detikTravel
Ilustrasi penduduk di Republik Dominika (iStock)
Ilustrasi penduduk di Republik Dominika (iStock)
Jakarta - Bendera tiap negara di dunia kadang warnanya ada yang sama. Tapi kalau soal nama negara yang sangat mirip, mungkin cuma dua negara ini.

Tahukah kamu, ada beberapa negara di dunia yang namanya mirip-mirip. Misalnya seperti Austria dan Australia, Angola dan Andorra, atau Liberia dan Libya.


Kalau soal negara-negara yang namanya mirip banget, rasanya pantas disematkan pada dua negara ini. Dua negaranya yakni Dominica (dalam bahasa Indonesia Dominika) dan Dominican Republic (dalam bahasa Indonesia Republik Dominika).

Cuma beda huruf 'n' pada akhiran namanya, dan kata 'Republic' saja. Kok bisa nama dua negara itu nyaris sama?

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, pertama kita harus tahu dulu mengenai dua negaranya lebih dekat. Kedua negara ini sama-sama berada di Laut Karibia, kawasan Amerika Tengah.

Namun, kedua negara tersebut lokasinya berbeda. Republik Dominika berada di pulau besar bernama Hispaniola dan bertetangga dengan negara Haiti. Sedangkan Dominika, hanya pulau kecil di Kepulauan Windward yang gugusan pulaunya membentang sampai di bagian utara Amerika Latin.

Dominika yang ditandai warna merah dan Republik Dominika sebelah kiri tetangganya Haiti (Google Maps)Dominika yang ditandai warna merah dan Republik Dominika sebelah kiri tetangganya Haiti (Google Maps)




Soal luas wilayah dan jumlah penduduk, jauh berbeda. Republik Dominika punya luas 48 ribu km persegi. Kalau Dominika, cuma 750 km persegi!

Penduduk di Republik Dominika sekitar 9,2 juta orang. Sedangkan di Dominika, hanya 72 ribu orang.

Kota di Republik Dominika yang banyak gedung bertingkatKota di Republik Dominika yang banyak gedung bertingkat (iStock)


Roseau, ibukota negara Dominika sebagai kota terbesar di sanaRoseau, ibukota negara Dominika sebagai kota terbesar di sana (iStock)



Bicara soal sejarah, negara-negara di Karibia pada abad pertengahan sering didatangi oleh pelaut dari Eropa untuk dijajah. Selain mencari rempah-rempah dan hasil bumi lainnya, pulau-pulaunya pun dijadikan tempat pembuangan, penjara, atau jual beli budak.

Baik Republik Dominika dan Dominika, kedua negara ini sama-sama pernah dijajah. Bedanya, Republik Dominika dijajah oleh bangsa Spanyol sedangkan Dominika dijajah bangsa Prancis dan Inggris. Oleh sebab itu, bahasa resmi di Republik Dominika adalah bahasa Spanyol dan bahasa resmi di Dominika adalah bahasa Inggris.

Soal Dominika, ada cerita menarik. Usut punya usut, pulau ini pernah didatangi pelaut tersohor Christopher Columbus di tahun 1493. Columbus menamakan pulaunya dengan sebutan 'Sunday'.

Republik Dominika punya bentangan pantai eksotis (iStock)Republik Dominika punya bentangan pantai eksotis (iStock)


Kedua negara itu, bergantung pada pariwisata. Republik Dominika memiliki bentangan pantai berpasir putih nan eksotis.

Dominika berbeda, negara kecil ini tidak memiliki pantai eksotis. Akan tetapi, Dominika diberkahi hutan tropis yang lebat nan kaya dengan flora dan fauna. Dominika punya julukan Nature Island of the Caribbean.

Kalau Dominika, punya hutan tropis yang menawan (iStock)Kalau Dominika, punya hutan tropis yang menawan (iStock)


Baik kembali pada pertanyaan, mengapa nama Dominika dan Republik Dominika sama banget?

Tidak ada jawaban pasti mengenai pertanyaan tersebut. Banyak versi menyebut, orang-orang di Republik Dominika aslinya berasal dari Dominika tapi mereka pindah dan mencari pulau lain untuk hidup.

Namun di versi lain, orang-orang Dominika aslinya dari Republik Dominika. Mereka melarikan diri dari penjajahan bangsa Spanyol.

Versi-versi tersebut belum memuaskan para ahli. Sebabnya, kalau memang orang-orang zaman dulu dari Dominika dan Republik Dominika memang berasal dari satu tempat, lantas mengapa budaya dan kepercayaannya berbeda?

Itu masih jadi misteri, tapi setidaknya kita sekarang tahu. Dominika dan Republik Dominika adalah dua negara yang berbeda meski nama negaranya mirip banget!



Simak Video "Jokowi Ingin Percantik Puncak Waringin Labuan Bajo"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA