Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Apr 2020 22:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Negara Tersehat di Dunia untuk Ditinggali Traveler

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi pria di Jepang.
Foto: Ilustrasi Jepang (Philip Fong/AFP)

4. Jerman



Dengan tingkat kematian akibat Corona terendah dibandingkan negara-negara Eropa lainnya, Jerman merupakan negara yang dinilai sukses dalam menghadapi wabah COVID-19.

Jerman dinilai sukses dalam hal memisahkan orang yang sakit dan pasien tanpa gejala dari populasi penduduk yang sehat. Ini sangat membantu untuk menahan laju penyebaran virus tersebut.


Jerman berhasil melakukan tes Corona secara luas di negaranya. Meski begitu, ada kekhawatiran dari para ahli bahwa keberhasilan ini hanya sementara karena bila tidak waspada ditakutkan akan ada serangan gelombang kedua.

"Dengan sedikit orang yang terkena COVID-19, ada sedikit pula orang yang kebal. Untuk itu, merilekskan kebiasaan social distancing kita hanya bisa terjadi jika kasus COVID-19 sudah disapu bersih dari negara ini, atau jika tidak akan ada gelombang berikutnya yang lebih besar," ungkap Francis de Vericourt, Profesor Manajemen Sains di Berlin.

Perdebatan soal Rumah Sakit di Jerman Muncul Lagi karena Krisis CoronaTenaga medis di Rumah Sakit di Jerman Foto: DW (News)



Penduduk Jerman menyadari situasi tidak akan bisa kembali normal seperti sedia kala. Tapi mereka sangat percaya kepada pemerintah, bahwa mereka akan melakukan yang terbaik untuk rakyatnya.

"Setelah jumlah infeksi menurun. Saya percaya sudah saatnya kita melonggarkan parameter. Saya percaya otoritas Jerman akan menemukan cara terbaik untuk menyeimbangkan antara kembali normal dan tetap menegakkan regulasi untuk melindungi rakyat," kata Ingrid Gruhs, penduduk kota Murnau am Staffelsee.


Sistem kesehatan di Jerman sudah sangat siap dalam menghadapi pandemi Corona. "Ada banyak tempat tidur, ruang ICU dan dokter yang tersedia," kata de Vericourt.

"Manajemen dari komponen ini kemudian didesentralisasi kepada pemerintahan lokal. Ini berarti semua partai politik, dari kanan ke kiri bertanggung jawab. Kerja sama dalam mengoperasikan fasilitas ini kunci untuk menghadapi pandemi dan memberikan pelayanan kepada para pasien," imbuhnya.

"Saya merasa sangat beruntung tinggal di Jerman. Saya sangat senang ketika pemerintah Bavaria menetapkan lockdown, reaksi yang baik dan diperlukan di saat yang sulit seperti sekarang," tambah Laura Gruhs, mahasiswa Universitas Teknik Munchen.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5
BERITA TERKAIT
BACA JUGA