Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Apr 2020 22:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Negara Tersehat di Dunia untuk Ditinggali Traveler

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Ilustrasi pria di Jepang.
Foto: Ilustrasi Jepang (Philip Fong/AFP)

5. Australia

Australia juga termasuk negara yang sukses menekan laju pertumbuhan virus Corona di bawah 5%. Angka tersebut termasuk di atas ekspektasi para ahli dan proyeksi model yang dilakukan pada 7 April lalu.

Sistem kesehatan nasional Australia merupakan campuran antara sistem coverage universal lewat Medicare dan sistem asuransi pribadi. Perpaduan itu terbukti menolong Australia dalam menghadapi skenario terburuk yang mungkin akan terjadi.

"Di pandemi seperti sekarang, sistem gabungan ini rupanya cocok untuk mengakomodasi kenaikan permintaan terhadap pelayanan kesehatan darurat dan ruangan ICU," ungkap Dr Alex Polyakov, dosen senior Universitas Melbourne.


Pemerintah negara bagian dan federal memerintahkan rumah sakit untuk menunda kegiatan operasi yang non-esensial untuk mengantisipasi meningkatnya pasien COVID-19.

"Kombinasi pemerintah federal yang setuju untuk memback up finansial rumah sakit swasta dengan syarat tersedianya tempat tidur dan staff, menjadikan kapasitas kesehatan publik meningkat dua kali lipat," lanjut Polyakov.

Pemerintah Australia juga melakukan pelacakan terhadap mereka yang berpergian ke luar negeri, serta memerintahkan mereka untuk karantina mandiri agar tidak menginfeksi orang lain.

"Saya mengantisipasi peningkatan yang sangat rendah dalam periode waktu yang lama. Ini baru yang namanya meratakan kurva," imbuh Polyakov.


Sementara itu, menurut penuturan salah seorang warga, Chris Stevens. Sistem kesehatan di Australia lebih baik daripada di Eropa. Setidaknya itu menurut sang ayah, yang sudah jadi dokter selama 40 tahun.

"Ketika pandemi COVID-19 mulai, saya sedang ada di Sri Lanka. Saya punya 2 opsi, kembali ke Eropa ke tempat orang tua atau pulang ke Australia. Setelah berbincang singkat dengan ayah, dia menyarankan untuk ke Australia sebagi opsi terbaik," tutup Chris.

Halaman
1 2 3 4 5 Tampilkan Semua

(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA