Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Mei 2020 22:11 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tantangan Menjalani Puasa di Bangkok Kala Pandemi Corona

Fauchil Wardati
detikTravel
Kebijakan lockdown selama pandemi Covid19 terjadi hampir di semua kota atau negara di dunia. Begitu pula dengan Thailand, aturan dilarangnya ada perkumpulan orang dalam jumlah banyak
(mass gathering) termasuk sholat berjamaah di masjid berlaku sejak akhir bulan Maret.
Foto: Fauchil Wardati

Kehidupan Normal Baru


Pelonggaran aturan emergency decree menjadi tonggak dimulainya kehidupan normal baru, seperti keharusan penggunaan masker, tersedianya hand sanitizer, serta physical distancing yang diterapkan di tempat-tempat umum.

Di akhir bulan Ramadhan, saya dan tiga orang teman pelajar Indonesia menyempatkan makan berbuka puasa bersama di rumah makan dan disana terlihat meja makan yang tertata untuk satu orang dengan hand sanitizer di setiap meja sebagai upaya penerapan physical distancing.

Selain itu, ada beberapa kedai pula yang meski memperbolehkan satu meja untuk dua orang, namun tetap ada bilik transparan di tengahnya. Perasaan sedih pasti ada dengan kondisi bulan puasa yang sangat berbeda.

Namun, demi kebaikan bersama kita harus tetap mengikuti protokol kesehatan dan aturan pemerintah setempat untuk menekan penyebaran COVID-19. Untuk salat Idul Fitri, saya memutuskan akan melaksanakan salat dan merayakan hari raya dengan sahabat-sahabat terdekat pelajar Indonesia di Salaya, tentu tak tertinggal kudapan kue kering seperti kastangel dan nastar yang siap disajikan.

Meski sangat sederhana dengan berbagai tantangan di tengah pandemi dan jauh dari keluarga, momen bulan puasa dan perayaan Idul Fitri tahun ini akan tetap tak terlupakan dengan tanpa mengurangi esensi keberkahan bulan Ramadhan serta dipertemukannya dengan orang-orang berhati mulia yang berbagi makanan untuk kami berbuka puasa.

Fauchil Wardati

Mahasiswa S2 Immunology, Mahidol University dan Wakil Ketua PERMITHA Simpul Mahidol University.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Krisis Covid-19, Ratusan Demonstran Tuntut PM Thailand Mundur"
[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA