Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 30 Mei 2020 22:33 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini 12 Makhluk Hidup Terbesar di Bumi (Bagian II)

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
makhluk hidup terbesar bumi
Beruang kutub (Foto: CNN)
Jakarta -

Bumi masih memiliki penghuni yang bisa dibilang terbesar jika dibanding jenis yang serupa dari ekosistemnya. Mereka tersebar di berbagai wilayah.

Paus biru contohnya, ukuran tubuhnya melebihi dari dinosaurus dan ini mengherankan para peneliti. Selain hewan, ada pula tumbuhan terbesar di dunia.

Berikut ini 12 flora dan fauna terbesar di bumi, bagian kedua:

7. Kadal: Komodo sang naga

Agus di Labuan Bajo, Agus di Taman KomodoKomodo (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Komodo adalah spesies kadal terbesar yang masih berkeliaran di Bumi. Komodo, yang bisa mencapai lebih dari 3 meter dan berat 136 kilogram.

Bukan hanya kadal terbesar di dunia, komodo adalah reptil langka. Naga ini adalah keturunan kadal raksasa dari Asia yang berevolusi di Australia, kemudian terisolasi di beberapa pulau di Indonesia dari waktu ke waktu.

Naga yang terancam punah tinggal di Indonesia dan hanya dapat dilihat di Taman Nasional Komodo, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO seluas 420.000 hektar. Anda bisa melihatnya di Pulau Komodo, Rinca, Padar, dan beberapa pulau kecil lainnya.

8. Hewan berkantung: Kanguru merah

makhluk hidup terbesar bumiKanguru merah (Foto: CNN)

Kanguru merah adalah marsupial terbesar di dunia. Mereka bisa tumbuh hingga sebesar 91 kilogram dan pejantan dapat berdiri setinggi hampir dua meter.

Dengan kaki belakang adalah yang terkuat. Kanguru merah dapat berlari di kecepatan 56 kpj dan saat lahir, bayinya hanya sepanjang satu inci.

Taman Nasional Mungo Australia di pedalaman adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat kanguru merah. Kesempatan terbaik melihatnya ada di Danau Mungo.

9. Reptil: Buaya air asin

makhluk hidup terbesar bumiBuaya air asin (Foto: CNN)

Buaya air asin adalah reptil terbesar di dunia. Reptil itu dapat tumbuh hingga 6 meter dan dapat berenang hingga 29 kpj, tiga kali lebih cepat dari manusia perenang tercepat, kata Sally Egan di Departemen Pariwisata Northern Territory (NT).

Populasi buaya air asin liar terbesar dapat ditemukan di Australia di Taman Nasional Kakadu dan Taman Nasional Nitmiluk. Buaya air asin sangat berbahaya dan spesies ini dilindungi di NT.

Buaya air asin juga dapat ditemukan di India timur dan Asia Tenggara.

10. Paus: Paus biru

makhluk hidup terbesar bumiPaus biru (Foto: CNN)

Paus biru adalah hewan terbesar yang pernah ada di planet kita, dengan lidah sebesar gajah. Spesies yang terancam punah ini dapat tumbuh hingga 32 meter kaki dan berat hingga 200 ton.

Raksasa samudera ini dapat berenang secepat 32 kpj. Tapi mereka biasanya melintasi laut dengan kecepatan yang jauh lebih lambat, sekitar delapan kpj.

Mereka bepergian berpasangan atau sendirian, paus biru dikenal karena suaranya yang keras, yang dapat menjangkau paus lain ribuan kilometer jauhnya.

Paus biru dapat dilihat di lepas pantai dari Trincomalee, Sri Lanka, dari pertengahan Maret hingga pertengahan April, dan di Australia Barat dari bulan Mei hingga Desember.

11. Penguin: penguin kaisar

makhluk hidup terbesar bumiPenguin kaisar (Foto: CNN)

Penguin kaisar berada di Antartika dan merupakan penguin terbesar di dunia dengan tinggi rata-rata 1,1 meter.

Penguin kaisar dapat memiliki berat hampir 45 kilogram. Burung-burung yang menakjubkan ini mungkin tidak dapat terbang, tetapi mereka adalah perenang yang sangat gesit.

Penguin kaisar dapat bertahan di bawah air hingga 22 menit dan merupakan satu-satunya burung yang berkembang biak dalam musim dingin Antartika yang ekstrem. Mereka hampir terancam punah.

12. Beruang: Beruang kutub

Beruang terbesar di dunia juga merupakan predator terestrial terbesar. Sebagian menyebut karnivora terbesar di darat adalah harimau atau singa.

Tetapi jika timbangannya mencapai 680 kilogram dan panjangnya hingga 2,7 meter, beruang kutub mengalahkan berat perpaduan singa dan harimau jantan.

Beruang kutub memiliki kaki berselaput dan dianggap mamalia laut. Mereka telah terdaftar di US Endangered Species Act karena perubahan iklim sejak 2008.

Ada 19 populasi beruang kutub dan 13 di antaranya tinggal di Kanada, menurut operator tur yang mengkhususkan diri dalam safari beruang kutub di Churchill, Manitoba.

Wilayah utara provinsi ini adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat beruang kutub. Sisanya, mereka tersebar di seluruh Alaska, Norwegia, Greenland, dan Rusia.



Simak Video "Asal-usul Komodo, Labuan Bajo"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA