Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Jul 2020 07:42 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Keindahan Tersembunyi di Balik Perang Yaman, Istana Dar Al Hajar

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
The house tower of Dar al Hajar at Wadi Dhahr on Yemen, Unesco world heritage
Foto: Istana Dar Al Hajar (Getty Images/iStockphoto/travelview)
Sanaa -

Yaman tengah dilanda perang. Tapi di tengah krisis tersebut, ada keindahan tersembunyi berupa Istana Dar Al Hajar yang berdiri megah di atas tebing batu.

Dar Al Hajar, begitulah warga Yaman menyebut destinasi ini. Dalam bahasa Indonesia, Dar Al Hajar berarti 'Rumah Batu'. Sesuai dengan namanya, Dar Al Hajar memang dibangun di atas bukit berbatu cadas.


Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Senin (27/7/2020), Dar Al Hajar merupakan bangunan lima lantai dengan konstruksi yang begitu mengagumkan. Bangunan tersebut didirikan pada tahun 1920 oleh salah satu keluarga kerajaan Yaman.

Pemiliknya bernama Yahya Muhammad Hamiddin. Dar Al Hajar digunakan sebagai tempat tinggal Yahya dan keluarganya saat liburan musim panas tiba.

portrait of old senior man with the typical yemenite dress, The turban, the neck scarf and Jambiya in Sanaa, Yemen. Jambiya is a traditional dagger and a mandatory attribute of Yemeni men's suit. The rocky palace on the back ground in Dar al-Hajar town.Warga Sanaa berpose di depan Dar al-Hajar Foto: Getty Images/ugurhan

Bangunan istana Dar Al Hajar memang tampak luar biasa, seperti dipahat langsung di atas tebing batu, padahal bukan. Tebing batu yang jadi lokasi Dar Al Hajar diketahui sudah ada dan menjulang tinggi sejak tahun 1700-an, dibangun oleh Imam Mansour Ali Bin Mehdi Abbas.

Di dalam Dar Al Hajar ada beberapa ruangan, seperti kamar tamu, dapur, hingga ruang penyimpanan serta beberapa halaman untuk bersantai. Desainnya pun amat memukau mata.

Bagian dalamnya dihiasi dengan rangkaian kaca patri yang berwarna-warni. Dindingnya bercat putih, serta dihiasi dengan pahatan berpola geometri yang amat presisi. Cantik bukan main!

Rock palace Dar Al Hajar at the Wadi Dhahr Valley, some 15 km away from the capita city of Sana is Dar al-Hajar, better known as the Imam's Rock Palace. It is an iconic symbol of Yemen.Dar Al Hajar di Lembah Wadi Dhahr Foto: Getty Images/iStockphoto/helovi

Sayang sang pemilik, Imam Yahya tidak bisa menikmati Dar Al Hajar lebih lama karena dibunuh ketika terjadi kudeta di Yaman pada tahun 1984. Yahya dibunuh bersama dengan cucunya.

Dar Al Hajar sendiri berlokasi sekitar 14 kilometer dari Sanaa, ibu kota Yaman. Tepatnya di kawasan Lembah Wadi Dhahr yang gersang dan berbatu-batu. Saking indahnya, Dar Al Hajar diabadikan jadi gambar mata uang Yaman.

Sekarang istana Dal Al Hajar sudah beralih fungsi jadi museum. Traveler bisa mengunjunginya bila suatu hari nanti berkesempatan liburan ke Yaman. Situs bersejarah ini juga masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.



Simak Video "Wabah Kelaparan Melanda Yaman"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA