Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Jul 2020 16:07 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Sistem Anti-Banjir Penyelamat Hong Kong Senilai Rp 55 Triliun

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Sistem anti banjir di Hong Kong
Pintu masuk air di sistem antibanjir Hong Kong (Foto: CNN)

Hong Kong punya tanki penyimpan air sebagai bagian dari sistem anti banjir

Salah satu tangki penyimpanan air terbesar di Hong Kong terletak di bawah salah satu landmark paling terkenal, Happy Valley Racecourse. Sebelum pandemi Corona, puluhan ribu penjudi bertaruh pada pacuan kuda di sana.

Tak terlihat tangki di sini dari luar, hanya ada lintasan joging, lapangan sepak bola juga ruby. Karena di bawahnya ada ruangan yang tampak seperti tempat parkir bawah tanah yang luas dan kosong.

Tangki ini dapat menampung hingga 60.000 meter persegi air, atau setara dengan 24 kolam renang standar. Fasilitas ini yang melindungi beberapa perumahan termahal di Hong Kong dari banjir.

Sistem anti banjir di Hong KongSistem anti banjir di Hong Kong, maket penampungan air (Foto: CNN)

Paling tidak pacuan kuda itu sendiri terlindungi, karena sebelum penciptaan tangki air pada 2012, secara teratur lokasi ini dibanjiri air hujan. Karenanya rerumputan hancur dan membutuhkan perbaikan yang mahal.

Penampungan air di Happy Valley juga menjadi rencana masa depan untuk mendaur ulang air hujan di seluruh Hong Kong. Sebagian air yang jatuh di arena balap pacuan kuda dikumpulkan dan digunakan kembali, untuk irigasi atau sekadar menyiram toilet di perumahan terdekat.

Tapi, pekerjaan Hong Kong terkait banjir ini belum usai. Perubahan iklim mengintai karena memiliki level yang berbeda dan sistem anti banjir di Hong Kong belum tentu bisa mengatasinya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA