Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Agu 2020 13:13 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Negara Ini Berhasil Tumbuhkan Kembali Hutannya, Caranya?

Hutan hujan tropis di Kosta Rika
Hutan hujan Kosta Rika (CNN)

Setop deforestasi dan uang

Keberhasilan Kosta Rika menahan laju deforestasi dilatarbelakangi oleh faktor ekonomi. Larangan deforestasi dihalangi adanya PES, membayar petani untuk melindungi daerah aliran sungai, melestarikan keanekaragaman hayati atau kawasan yang bisa menangkap karbon dioksida.

Aturan ini adalah cara tercepat memulihkan keadaan hutan. Kata Carlos Manuel Rodríguez, Menteri Lingkungan dan Energi Kosta Rika, menambahkan bahwa orang-orang cenderung menjaga alam jika itu memberikan penghasilan.

Pengalaman lain merawat juga menumbuhkan hutan diceritakan oleh Elicinio Flores. Pada usia 22 tahun ia menerima skema pemerintah yang memberinya tanah seluas 10 hektar di Sarapiqui pada tahun 1976.

Tanah itu tidak tersentuh. Tidak ada jalan beraspal, tidak ada akses ke air minum dan kawasan ini sangat sulit dijadikan lahan mencari nafkah.

Ia lalu bekerja di sana dan menciptakan ladang bersama keluarganya, merawat hewan ternak. Elicinio memutuskan untuk melestarikan lima hektar hutan lebat di tengah lahannya, hal yang sulit dipercaya.

Sejak saat itu Elicinio memperluas hutannya, menanam pohon kembali di dua hektar lahannya dengan bantuan dari skema PES. Ia dibayar rata-rata USD 64 per hektar per tahun untuk perlindungan hutan.

Hutan hujan tropis di Kosta RikaHutan hujan tropis di Kosta Rika (Foto: CNN)

Skema ini memungkinkan petani mendapat penghasilan tambahan, juga bisa memanen kayu secara selektif dari daerah yang ditanami kembali. Elicinio mencari bimbingan merawat hutan dari LSM kehutanan yang berkelanjutan, memastikan dirinya hanya menebang pohon yang tidak penting bagi ekosistem.

Penjualan kayu telah membantunya membayar uang kuliah putri sulungnya di jurusan pariwisata berkelanjutan. Ia ingin anak-anaknya juga menjaga kawasan hutan itu.

Skema PES dari pemerintah ini sebagian besar dibiayai oleh pajak bahan bakar fosil. Total dana yang dikeluarkan pemerintah sebesar USD 500 juta selama 20 tahun terakhir.

Upaya ini telah menyelamatkan lebih dari satu juta hektar hutan. Jumlah ini sekitar seperlima dari total luas negara, dan ada penanaman lebih dari tujuh juta pohon.

Kosta Rika berpenduduk 5 juta orang dan telah didatangi sekitar 3 juta turis setiap tahun. Lebih dari 60% turis berbondong-bondong ke taman nasional negara itu yang mencakup lebih dari seperempat luas daratan negara itu.

Tahun lalu, pariwisata menghasilkan hampir USD 4 miliar bagi Kosta Rika. Industri ini menyumbang lebih dari 8% dari PDB dan mempekerjakan setidaknya 200.000 orang.

Tanpa turis, masyarakat Kosta Rika masih kurang berupaya melestarikan lingkungan. Karena, mereka mendapat penghasilan yang cukup dari sektor pariwisata.

Negara-negara lain, seperti Guatemala, Meksiko, Rwanda, Kamerun, dan India juga Indonesia harus bisa seperti atau melebihi Kosta Rika dalam mengelola hutan hujan tropis!

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA