Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Agu 2020 11:41 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Wisata Religi ke Gereja Bersejarah Hong Kong

Lena Ellitan
detikTravel
Gereja St Andrew
Gereja St Andrew. (Foto: Lena Ellitan/d'traveler)
Kowloon -

Gereja St Andrew merupakan gereja bersejarah yang dibangun di 138 Nathan Road, Tsim Sha Tsui, Kowloon, Hong Kong. Gampang dijangkau oleh wisatawan.

Gereja St Andrew terletak di jalan besar dan bentuk bangunan yang menonjol di kawasan ini. Traveler dapat menuju kawasan ini dengan naik MTR Jordan Station, lalu keluar melalui Exit D. Setelah itu, traveler bisa melanjutkan dengan berjalan di sepanjang Nathan Road yang menuju arah Tsim Sha Tsui for sekitar 10 menit.

Menurut sejarahnya, gereja itu dibangun di awal abad ke-20. Pada masa itu komunitas Anglikan di Kowloon bersidang di Depot Torpedo dekat Kantor Pemerintahan Canton Road, tempat seorang pastor tentara angkatan laut menyelenggarakan pelayanan.

Gereja ini berdiri dengan bantuan salah satu pemodal Hong Kong masa itu itu, yakni Sir Chatchick Paul Chater. Gereja ini diresmikan Uskup Hoare.

Pembangunan sebuah Gereja St Andrew bagi komunitas ini diawali tahun 1904 dan selesai tahun 1906 atau tak lama setelah bencana taifun paling parah di Hong Kong. Bencana itu menewaskan Uskup Hoare.

Pohon-pohon pinus di sekitar gereja juga tumbang. Tapi, bangunan itu bertahan dan terus menjadi pusat pelayanan komunitas Anglikan di Kowloon hingga kini.

Seperti halnya sejarah Hong Kong, gereja ini mengalami sejarah yang beragam. Awalnya, tempat ini ramai dengan jemaat setia yang datang di hari Minggu menaiki rickshaw dan tandu.

Selama Perang Dunia II, tempat ini diduduki pasukan Jepang sebagai pengadilan, bahkan tempat suci Shinto. Mukzizatnya adalah bangunan gereja ini selamat dari pemboman masa perang, beberapa taifun, dan tanah longsor.

Gereja St Andrew dibangun dengan gaya arsitektur Gotik Victoria dan berbentuk salib. Kaca berwarna di jendela timur merupakan kaca asli yang dihadiahkan Sir Paul Chater ketika gereja pertama dibuka. Teman-teman pejalan yang melintasi kawasan Nathan Road ada baiknya kita mengenal sejarah dan mengabadikan momen di gereja bersejarah ini.

****

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Lena Ellitan dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA