Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Sep 2020 08:44 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ajaib! Air Terjun Warna-warni Ini Ada di Bawah Tanah

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Air terjun di bawah tanah.
Air terjun bawah tanah Ruby Falls di AS (dok Ruby Falls)
Chattanooga -

Melihat air terjun di hutan sudah biasa, tapi bagaimana kalau di bawah tanah? Faktanya, air terjun bawah tanah itu dapat dijumpai di Chattanooga, AS.

Adalah Ruby Falls, sebuah air terjun tak biasa dari Chattanooga, negara bagian Tennessee, AS. Ruby Falls terletak sekitar 341 meter di bawah permukaan tanah, tepat di bawah Lookout Mountain.

Dilihat detikTravel dari situs resminya, Kamis (24/9/2020), Ruby Falls adalah air terjun tertinggi sekaligus terdalam di AS.

Sejarahnya, Ruby Falls merupakan sebuah situs geologi bawah tanah lengkap dengan stalagtit dan stalagmite. Namun, keberadaannya kian populer ketika ditemukan air terjun bawah tanah di lokasi tersebut pada abad ke-19.

Usut punya usut, air terjun bawah tanah yang tergabung dalam saluran Lookout Mountain Caverns itu telah mengalir sejak 200 juta tahun di bawah Tennessee.

Air terjun di bawah tanah.Air terjun ini menyatu dengan saluran air bawah tanah (dok Ruby Falls)

Di masa lalu, lokasi gua tersebut juga pernah menjadi tempat penampungan di masa Civil War. Namun, pintu masuk ke gua tersebut sempat ditutup akibat pembangunan jalur kereta.

Hingga kemudian, seorang penggali amatir bernama Leo Lambert membuka kembali jalur ke gua tersebut lewat jalur lain. Leo pun menamakan air terjun bawah tanah itu dengan nama istrinya Ruby dan membukanya untuk publik.

Setelah dibuka ke publik, air terjun bawah tanah itu kian populer sebagai objek wisata. Agar lebih indah, lampu warna-warni juga dipasang di dalam interior gua.

Air terjun di bawah tanah.Ramai wisatawan (dok Ruby Falls)

Wisatawan yang menyambangi Ruby Falls pasti dibuat ternganga. Betapa tidak, air terjun ini mengalir setinggi 44 meter sebelum menyatu dengan aliran sungai bawah tanah Tennessee River. Para peneliti percaya, Ruby Falls sudah ada sejak 30 juta tahun yang lalu.

Di tengah pandemi, objek wisata air terjun bawah tanah Ruby Falls masih tetap terbuka untuk publik. Tiket hanya dapat dibeli online, seharga USD 22,95 (Rp 339 ribu) untuk orang dewasa dan USD 12,95 (Rp 191 ribu) untuk anak-anak. Penggunaan masker juga wajib selama kunjungan.



Simak Video "Biden Sebut Iran hingga Rusia Campuri Pemilu AS"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA