Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Sep 2020 14:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tutup Selama 45 Tahun, Gugusan Karang Berbentuk Hati Ini Dibuka Lagi

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Heart-shaped reef around the Great Barrier Reef, Queensland, Australia.
Foto: Heart Reef di Australia (Getty Images/iStockphoto/kokkai)
Hamilton -

Great Barrier Reef punya banyak gugusan karang unik. Salah satunya berbentuk seperti love. Setelah tutup selama 45 tahun, akhirnya destinasi itu buka lagi.

Great Barrier Reef merupakan surga bagi traveler yang suka diving dan pemandangan alam bawah laut ciamik. Di destinasi ini, banyak gugusan karang yang bentuknya unik-unik. Salah satu yang paling terkenal tentu saja Heart Reef.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, sesuai dengan namanya, Heart Reef memiliki bentuk seperti tanda hati alias love. Karena bentuknya yang sangat unik dan tiada duanya, Heart Reef sangat dilindungi.

Sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1975 atau sekitar 45 tahun yang lalu, Heart Reef menjadi area terlarang untuk dikunjungi wisatawan. Dengan alasan konservasi, wisatawan dilarang untuk berenang dan menyelam di dekat Heart Reef.


Wisatawan hanya diizinkan untuk melihat sekilas keindahan gugusan karang tersembunyi di Laguna Hardy Reef ini dari atas ketinggian, dengan cara naik helikopter.

Namun sekarang, spot cantik tersebut sudah dibuka kembali untuk wisatawan. Wisatawan bisa melihat langsung gugusan karang cantik ini dengan lebih dekat. Tapi, wisatawan harus siap untuk membayar lebih ya.

Heart Reef in the Great Barrier Reef in Queensland, Australia.Heart Reef di Great Barrier Reef, Australia. Foto: Getty Images/iStockphoto/Edward Haylan


Untuk bisa melihat Heart Reef dari dekat, traveler harus naik helikopter dari Pulau Hamilton sebagai titik terdekatnya. Butuh waktu 30 menit naik helikopter menuju ke Heart Reef.

Setelah helikopter mendarat, traveler diberi waktu selama 90 menit untuk menikmati keindahan Heart Reef. Caranya dengan naik perahu kecil berlantai kaca, kemudian perahu tersebut akan dibawa mendekat ke Heart Reef.

Heart Reef in the Great Barrier Reef, viewed from a SeaplaneHeart Reef dilihat dari dekat Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrew Robins


Meski sudah dibuka untuk wisatawan, namun kegiatan berenang maupun menyelam di sekitar Heart Reef masih dilarang keras, karena dikhawatirkan bisa mengganggu eksistensi atau bahkan merusak gugusan karang cantik tersebut.

Untuk bisa menikmati keindahan Heart Reef dari dekat, traveler harus siap merogoh kocek yang agak dalam. Biayanya mencapai 1.100 dolar Australia atau setara dengan Rp 12 jutaan per orang.


Heart Reef menjadi terumbu karang paling populer dan unik di antara lebih dari 3.000 terumbu karang yang membentuk Great Barrier Reef, Australia.

Heart Reef memiliki diameter kurang dari 30 meter. Lokasinya terletak sekitar 60 km timur laut Pulau Hamilton di Kepulauan Whitsunday, lepas pantai Pantai Airlie. Meskipun ukuran terumbu karang berbentuk hati ini terbilang kecil, namun banyak wisatawan yang penasaran dan ingin melihatnya dari dekat, meski harus merogoh kocek yang cukup dalam. Bagaimana, apakah traveler tertarik berkunjung ke sini juga?



Simak Video "Rayakan Sumpah Pemuda dengan Tanam Terumbu"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA