Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Sep 2020 15:21 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inikah Gedung Paling Hijau Sedunia?

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Gedung perumahan terhijau sedunia
Foto: Urban Forest, gedung terhijau sedunia (dok. Binyan Studios/Aria Property Group)
Brisbane -

Bangunan ini disebut-sebut sebagai gedung paling hijau sedunia. Berdiri setinggi 30 lantai, gedung ini akan ditanami 20 ribu pohon. Seperti apa wujudnya?

Urban Forest, begitulah nama gedung tersebut. Gedung ini merupakan rancangan dari arsitek terkenal bernama Koichi Takada. Urban Forest diklaim sebagai gedung yang ramah lingkungan dan terhijau di dunia.

Sebanyak 20 ribu pohon bakal ditanam di gedung ini. Dilihat dari bentuknya, gedung yang bakal difungsikan sebagai perumahan ini pun tampak seperti sebuah pohon raksasa.

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Jumat (25/9/2020), Urban Forest akan dibangun di bagian selatan kota Brisbane, Australia. Rancangannya benar-benar keren dan Out of The Box.

Gedung perumahan terhijau seduniaUrban Forest seperti sebuah pohon raksasa Foto: (dok. Binyan Studios/Aria Property Group)


Desain karya Koichi Takada ini bertujuan untuk menciptakan hunian yang akan memaksimalkan pencahayaan alami, serta ventilasi secara silang. Sementara pepohonan yang sengaja ditanam berfungsi sebagai penyedia oksigen bagi warga yang tinggal di gedung tersebut.

Selain itu, gedung ini juga akan dipasang panel surya sebagai sumber energi listriknya, serta tempat penampungan air hujan sebagai sumber airnya.


Khusus untuk bagian rooftop, nantinya akan difungsikan sebagai taman. Tak cuma 1 lantai saja, melainkan 2 lantai sekaligus. Terbayang kan betapa hijaunya gedung ini nanti?

"Urban Forest akan menutupi 300% area pembangunannya dengan tumbuhan hijau, yang terdiri dari 1.000 lebih pepohonan dan lebih dari 20 ribu jenis tanaman terpilih. Jumlah itu lebih banyak 5 kali lipat dari pepohonan yang ada di Taman Musgrave," ungkap Aria Property Group, firma arsitek yang akan membangun gedung tersebut.

Gedung perumahan terhijau seduniaGedung ini akan jadi perumahan terhijau sedunia Foto: (dok. Binyan Studios/Aria Property Group)


Meski baru tahap rancangan, tapi desain Urban Forest sudah mendapatkan pujian sebagai gedung perumahan terhijau sedunia. Pihak pengembangnya sendiri menargetkan akan mendapat rating 6 bintang untuk kategori bangunan hijau ramah lingkungan.

Sementara itu, sang arsitek yang merancang gedung ini, Koichi Takada merasa bahwa sudah saatnya manusia beralih dari produksi massal menjadi 'hijau' secara massal.

"Pandemi ini jadi kesempatan besar bagi kita untuk berhenti dan berpikir. Tidak hanya untuk berdaptasi, tapi juga mengubah paradigma dari industrial jadi natural. Beton, baja dan kaca adalah material industri yang keras. Semua itu material mati. Saatnya kita merangkul material hidup, arsitektur yang lebih hidup," pungkas Takada.


Urban Forest rencananya akan mulai dibangun pada akhir tahun 2021 dan diharapkan akan selesai pada tahun 2025. Saat ini pihak pengembang masih dalam tahap pengurusan perizinan kepada pemerintah setempat.

Semoga gedung dengan konsep 'Taman Vertikal' ini bisa segera terwujud ya traveler. Pasti bakalan keren banget!



Simak Video "China Tangkap Jurnalis Australia, Tuduhan Bahayakan Keamanan Nasional"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA