Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Sep 2020 17:07 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Cantik Sih, Tapi Ada Petir Tiap Detik di Danau Maracaibo, Venezuela

Bonauli
detikTravel
Fenomena petir abadi di Danau Maracaibo
Foto: (Getty Images/iStockphoto) Fenomena petir abadi di Danau Maracaibo
Zulia, Venezuela -

Tiap negara punya keunikannya masing-masing. Di Venezuela ada sebuah tempat dengan fenomena unik bernama petir abadi.

Tempat tersebut bernama Danau Maracaibo di Kota Maracaibo, Venezuela. Tepatnya di tepi danau yang berbatasan dengan Sungai Catatumbo.

Sejak tahun 2013, Danau Maracaibo sudah ditetapkan menjadi The Higest Concentration of Lightning in the World oleh Guiness World Record. Nama ini diberikan karena di sana frekuensi petirnya tertinggi di dunia.

Peringkat tertinggi ini bukanlah main-main. Dalam satu tahun rata-rata ada 1,6 juta petir yang terlihat. Kalau digambarkan dalam satu jam ada 3.600 petir atau ada petir setiap detiknya.

Namun tak semua petir terlihat karena cuaca. Petir yang terlihat biasanya akan berlangsung 7-10 jam setiap malam. Ini mengapa julukannya adalah petir abadi.

Fenomena petir abadi di Danau MaracaiboFenomena petir abadi di Danau Maracaibo Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Sampai saat ini fenomena petir abadi masih diteliti oleh para ahli meterologi dan geofisika. Dari hasil penelitian dikatakan bahwa petir terjadi karena adanya pertemuan angin hangat dari Lautan Karibia dan angin yang berhawa dingin dari Pegunungan Andes.

Itu dari sisi ilmiah, beda lagi dengan kepercayaan masyarakat. masyarakat sana percaya bahwa petir yang menyambar bukanlah bencana. Mereka meyakini bahwa kilat yang menyala adalah pertemuan dari kunang-kunang dan roh leluhur yang mengawasi anak cucu mereka.

Hal ini didasari dengan sejarah Kota Maracaibo, Venezuela yang melegenda. Menurut catatan sejarah Sir Francis Drake pada abad ke-15 berusaha untuk menaklukkan kota pada malam hari. Namun karena adanya petir yang terus menyambar, serangan tersebut akhirnya diketahui dan mereka diusir dari kota.

Fenomena petir abadi di Danau MaracaiboFenomena petir abadi di Danau Maracaibo Foto: (Catatumbo Camp)

Cerita rakyat yang dibalut dengan fenomena alam ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Wisatawan bisa mengikuti Catatumbo Camp yang jadi satu-satunya operatur tur di sana.

Traveler yang menikmati fenomena ini bisa tenang, karena belum ada catatan masyarakat yang terluka atau tewas karena tersambar petir. Petir abadi ini bahkan terlihat jelas dari jarak 10 km dan suara gemuruhnya sangat kuat.

Kamu yang doyan fotografi rasanya sayang untuk melewatkan wisata di Danau Maracaibo ini. Bagaimana traveler?

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA