Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 02 Nov 2020 05:33 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Rumah Sakit Jiwa Berhantu di Wales, Sering Ada Suara Teriakan

Rumah Sakit Jiwa Berhantu di Wales
Foto: Rumah sakit jiwa di Wales (dok. @azzlennox WS)
Denbigh -

Tak cuma Indonesia, bangunan kosong berhantu ternyata juga ada di Wales. Sebuah rumah sakit jiwa yang terbengkalai kerap dihantui suara teriakan mencekam.

Inilah kisah The North Wales Hospital, sebuah bekas rumah sakit jiwa yang kini terbengkalai dan konon katanya berhantu. Lokasinya disebutkan berada di kota Denbigh, Wales.

Bangunan bekas rumah sakit jiwa itu disebut-sebut berhantu, karena orang-orang yang tinggal di sekitar bangunan, sering mendengar teriakan mencekam saat malam hari. Tak cuma itu, sering juga terdengar suara langkah kaki manusia, padahal bangunan itu sudah lama ditinggalkan.

Dikumpulkan detikTravel dari beberapa sumber, Senin (2/11/2020), selama bertahun-tahun warga setempat kerap mendengar atau bahkan menyaksikan fenomena supranatural di lokasi bekas rumah sakit jiwa tersebut. Selain suara teriakan, ada juga suara tertawa hingga suara benda-benda yang dibanting dengan keras.

Rumah Sakit Jiwa Berhantu di WalesRumah Sakit Jiwa Berhantu di Wales Foto: (dok. @azzlennox WS)

Gedung itu dibangun pada tahun 1848. Dahulu, bangunan digunakan untuk menampung dan menyembuhkan orang dengan gangguan jiwa. Tak kurang 1.500 orang pasien dan 1.000 orang staf bisa ditampung di rumah sakit tersebut.

Sampai akhirnya bangunan rumah sakit jiwa tersebut benar-benar ditutup secara total dan ditinggalkan begitu saja pada tahun 1995. Sejak saat itu, bangunan dibiarkan terbengkalai sampai sekarang.

Rumah Sakit Jiwa Berhantu di WalesRumah Sakit Jiwa Berhantu di Wales Foto: (dok. @azzlennox WS)

Puluhan pemburu hantu serta berbagai acara TV pun datang ke sini untuk membuktikan apakah benar ada hantu di bekas rumah sakit jiwa tersebut. Kunjungan tersebut dilakukan pada tahun 2008.

Setelah melakukan kunjungan ke tempat tersebut, kesimpulan mereka satu: tempat tersebut telah dikutuk oleh penyihir. Bahkan, ada yang menyebut bangunan bekas rumah sakit jiwa itu sebagai pusat 'kota'-nya makhluk halus yang dikutuk.

Namun belakangan ada pengembang properti Jones Bros yang berencana untuk menyulap bekas rumah sakit jiwa tersebut menjadi komplek perumahan lengkap dengan pertokoan, gym, dan restoran.

Dana sebesar 75 Juta pound sterling pun sudah disiapkan untuk proses renovasi. Namun gara-gara pandemi Corona, rencana tersebut jadi sedikit tertunda.

Jones Bros pun berharap agar masyarakat tidak percaya dengan gosip hantu di lokasi itu. Mereka bahkan menyarankan agar orang-orang menjauh dari lokasi itu buat uji nyali, daripada membahayakan diri sendiri dan orang lain.

"Rumah sakit ini adalah bagian penting dari sejarah dan warisan kota Denbigh. Tujuan kami adalah untuk menciptakan landmark yang merepresentasikan hal itu," ujar juru bicara dari pihak Jones Bros.

"Saat ini, dipasang pagar pengaman dan patroli kerap dilakukan untuk menjaga tempat ini dari mereka yang kerap melanggar masuk. Itu sangat tidak bertanggung jawab dan kami sarankan agar orang-orang menjauh daripada membahayakan diri sendiri dan orang lain," juru bicara itu menambahkan.

Traveler ada yang hobi menyambangi bangunan kosong berhantu?



Simak Video "Hujan Tak Kunjung Berhenti, Banjir di Australia Meluas"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA