Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 29 Des 2020 22:42 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

10 Fakta Forbidden City yang Konsepnya Mau Ditiru untuk Wisata Bali

Putu Intan
detikTravel
Forbidden City
Forbidden City. Foto: (jurudamaikudus/d'Traveler)

5. Memiliki museum kebudayaan terbesar di dunia

istana, museumMuseum Forbidden City. Foto: (Neni Setyowati/d'Traveler)

Museum Istana di Forbidden City memiliki berbagai koleksi artefak sejarah China yang terbaik di dunia. Koleksi di museum yang mencapai ribuan itu merekam sejarah China.

Jika traveler masuk ke dalamnya, traveler dapat melihat aneka porselen, batu giok kuno, serta berbagai peninggalan sejarah lainnya.

Namun beberapa dari koleksi museum ini rupanya berada di Taiwan. Evakuasi beberapa koleksi ini dilakukan pada 1933 untuk menghindari ancaman invasi Jepang.

Setelah Perang Dunia II, koleksi-koleksi itu dikembalikan tetapi beberapa kini disimpan di Museum Istana Nasional Taipei.

Museum ini masuk dalam daftar 10 museum terbaik di China dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

6. Bangunan memiliki sistem pencegahan kebakaran yang canggih

Sebagai situs penting, Forbidden City tentunya tak akan dibiarkan rusak. Selain rutin mendapatkan perawatan, situs ini juga memiliki sistem pencegahan kebakaran canggih.

Di sana terdapat 94 hidran bawah tanah. Kemudian dilengkapi pula dengan 4.866 alat pemadam kebakaran dan 55 rencana penanggulangan bila kebakaran terjadi.

7. Pintu gerbang Forbidden City dilengkapi 81 paku

Tempat wisata di Beijing, ChinaPintu gerbang Forbidden City. Foto: Radian Nyi

Pada zaman dulu, jumlah paku di pintu gerbang itu melambangkan status. Dan seperti yang sudah diulas sebelumnya, sembilan melambangkan supremasi.

Sehingga paku di pintu gerbang Forbidden City pun disusun sembilan baris kali sembilan baris. Jika ditotal, jumlahnya adalah 81.

8. Burung tak bisa hinggap di atap bangunan

Untuk menjaga kebersihan atap bangunan dari kotoran burung, arsitek bangunan mendesain atap bangunan Forbidden City dengan kemiringan tinggi. Ini menyebabkan burung tidak bisa mendarat di atap.

Selain itu, atapnya terbuat dari genteng kaca. Ubin ini sangat licin, sehingga burung tidak mungkin bisa hinggap di atasnya.

9. Banyak kucing berkeliaran

Jika berkunjung ke Forbidden City, traveler akan melihat banyak kucing. Di sana, ada sekitar 100 ekor kucing yang dipelihara.

Tradisi memelihara kucing ini rupanya sudah ada sejak masa Dinasti Ming dan Qing. Kala itu, kucing-kucing menjadi peliharaan para selir.

10. Destinasi favorit wisatawan

Festival Lampion di Kota Terlarang ChinaFestival Lampion di Kota Terlarang China. Foto: (Xiong Yong/CNN Travel)

Dengan pesona budaya dan sejarahnya, Forbidden City pun menjadi primadona wisatawan. Setiap tahunnya, sekitar 14 juta pengunjung datang ke sana.

Untuk datang ke Beijing pun, turis dikenakan bebas visa selama 144 jam. Aturan itu berlaku sejak 2017 dan dapat dimanfaatkan wisatawan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA