Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Feb 2021 19:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Percaya Enggak Percaya, Batu Bisa Mengambang di Atas Danau Ini

CNN Indonesia
detikTravel
Waters of Lake Baikal, The water surface of Baikal, a beautiful landscape
Danau Baikal di Rusia (iStock)
Moskow -

Umumnya, batu yang dilempar ke air akan tenggelam. Hanya saja, aturan itu tidak berlaku di danau tertua ini.

Di musim dingin, Danau Baikal di Siberia menjadi lokasi terjadinya fenomena alam langka yang dikenal sebagai "Baikal Zen". Batu-batu besar berdiri di atas es tipis yang mencuat di permukaan danau, membuatnya tampak seperti melayang di udara.

Danau Baikal adalah perairan yang menakjubkan. Danau ini berukuran sangat besar, sehingga sering disalahartikan sebagai laut. Diketahui, danau ini juga danau terdalam dan tertua di Bumi, serta danau air tawar terbesar berdasarkan volume.

Ilmuwan telah mempelajari Baikal Zen selama bertahun-tahun. Bahkan Baikal Zen menjadi subjek presentasi oleh Tim Ukraina di Turnamen Fisika Internasional 2018.

[Gambas:Instagram]



Namun, hingga kini ilmuwan masih belum memiliki penjelasan yang pasti dan bisa disepakati bersama mengenai fenomena langka tersebut.

Foto-foto yang mendokumentasikan fenomena Baikal Zen mulai beredar di media sosial sekitar empat tahun lalu, tetapi orang-orang menyangkanya manipulasi digital.

Orang-orang yang mendatangi Danau Baikal dan melihat fenomena itu secara langsung meyakini bahwa Baikal Zen merupakan hal yang nyata, hanya saja diperlukan kondisi khusus.

Mengutip ExplorersWeb, fenomena Baikal Zen terjadi ketika batu berbentuk datar membeku di permukaan danau dan kemudian dipanaskan oleh sinar matahari sampai pada titik saat lapisan es di bawahnya mulai mencair.

[Gambas:Instagram]



Namun, panas bukanlah satu-satunya penyebab fenomena ini. Jika ya, es akan mencair berbarengan, dan tidak akan ada pilar es untuk bertumpu.

Angin kencang yang terkadang bertiup di Danau Baikal juga berperan besar dalam pembentukan formasi Baikal Zen, karena mencegah mencairnya pilar utama es.

Jadi, sementara sebagian besar es di bawah bebatuan meleleh karena panas, menciptakan permukaan cekung, pilar pusat tetap sebagai penyangga. Jadi angin harus bertiup agar fenomena menakjubkan ini terjadi.

Tapi bagaimana batu ini bisa sampai di permukaan danau? Seperti yang dikutip dari Oddity Central, menurut fotografer Rusia Elena Vtorushina yang mengambil beberapa foto formasi Baikal Zen pada tahun 2018, mereka tertiup ke es oleh angin kencang dan akhirnya membeku di tempat.

Tidak jelas apakah fenomena Baikal Zen ini juga terjadi di perairan lain, jika kondisi memungkinkan. Ada beberapa yang berpendapat bahwa air jernih di Danau Baikal juga mempengaruhi fenomena tersebut, karena sejauh ini pilar es yang terlihat berwarna sebening kristal.



Simak Video "3 Tewas Akibat Ledakan di Apartemen di Pinggir Kota Moskow"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA