Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Mar 2021 19:04 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Siap-siap, Hotel Luar Angkasa Bakal Hadir dengan Daya Tampung 400 Tamu

Putu Intan
detikTravel
Hotel Luar Angkasa Voyager Station
Hotel di luar angkasa, sanggup tampung 400 traveler Foto: Voyager Station
Jakarta -

Hotel luar angkasa yang dibangun di orbit bumi akan diluncurkan pada 2027. Hotel ini dilengkapi berbagai fasilitas dan dapat menampung 400 orang.

Dilansir dari Daily Mail, Selasa (2/3/2021) hotel luar angkasa pertama ini dikembangkan oleh Orbital Assembly Corporation (OAC). Hotel ini sendiri bernama Voyager Station. Hotel itu memiliki infrastruktur yang dibangun di orbit sekitar bumi.

Voyager Station ini akan menjadi lingkaran besar dan berputar untuk menghasilkan gravitasi buatan yang akan diatur pada tingkat yang sama dengan gravitasi yang ditemukan di permukaan bulan.

Hotel luar angkasa ini memiliki fasilitas yang tak kalah dengan hotel berbintang pada umumnya. Di sana ada layanan kapal pesiar, restoran, spa, dan bioskop. Di samping itu juga ada fasilitas penelitian luar angkasa yang dapat digunakan NASA.

Hingga saat ini belum diketahui pasti berapa biaya yang dikeluarkan untuk membangun hotel ini dan harga sewa kamar per malamnya. Namun OAC mengatakan biayanya akan semakin murah dengan adanya kendaraan peluncuran seperti SpaceX Falcon 9 dan Starship di masa depan.

Hotel Luar Angkasa Voyager StationHotel Luar Angkasa Voyager Station. Foto: Voyager Station

Berbicara tentang Voyager Station, banyak teknologi canggih yang digunakan. Ini karena lokasinya yang tak biasa.

Voyager Station ini dibangun dengan serangkaian cincin dengan sejumlah 'modul' yang terpasang di bagian luar cincin. Beberapa dari total 24 modul ini akan dijalankan oleh Gateway Foundation. Fungsinya untuk tempat tinggal pegawai, udara, listrik, dan air.

Modul ini juga mencakup gym, dapur, restoran, bar, dan fasilitas penting lainnya untuk orang-orang yang berada di sana dalam jangka waktu yang lebih lama. Modul sisanya akan disewakan atau dijual kepada perusahaan swasta dan pemerintah.

Setiap orang dapat membeli satu modul berukuran 20x12 meter untuk vila pribadi atau beberapa modul untuk membuat hotel dengan spa, bioskop, dan lainnya.

Sementara itu untuk pemerintah, mereka bisa menggunakan modul sebagai pusat pelatihan bagi astronot yang akan pergi ke Mars.

Hotel Luar Angkasa Voyager StationHotel Luar Angkasa Voyager Station. Foto: Voyager Station

Gagasan ini pertama kali dicetuskan oleh Wernher von Braun. Ia adalah salah satu arsitek program Apollo NASA dan pada tahun 1950-an mengusulkan sebuah habitat berbentuk roda berputar untuk menciptakan gravitasi buatan.

Kemudian konsep Voyager Station yang serupa namun dengan skala yang jauh lebih besar pertama kali muncul pada tahun 2021 dengan peluncuran Gateway Foundation.

OAC kemudian didirikan pada 2018 untuk mengoperasikan hotel luar angkasa Voyager Station pada 2027.



Simak Video "Voyager Station, Hotel Luar Angkasa yang Dibangun di Orbit Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA