Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 06 Mar 2021 18:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Area DMZ Taiwan. Isinya Tank-Propaganda

DMZ Taiwan di Pulau Kinmen
Area DMZ Taiwan di Pulau Kinmen (Foto: CNN)

Sejarah unik Kinmen

Dalam beberapa tahun terakhir, pulau-pulau kecil di sekitar Kinmen telah menjadi destinasi wisata yang sangat populer bagi warga China daratan. Ini merupakan pengaruh dari 'Mini Three Links' pada tahun 2001.

Nama tersebut mengacu pada dimulainya hubungan transportasi, pos, dan perdagangan terbatas antara Taiwan dan China daratan. Arus logistik ini melalui kota-kota pesisir, membuka Kabupaten Kinmen dan pulau lainnya, Matsu.

Bukti masa lalu militerisasi Kinmen masih amat kental di daerah tersebut. Keberadaannya menambah daya tarik sebagai destinasi wisata bagi para penggemar sejarah.

Seong-hyon Lee, direktur Center for Chinese Studies dari South Korea Sejong Institute mengunjungi Pulau Kinmen pada 2019. Ia lalu membandingkannya dengan Zona Demiliterisasi (DMZ) antara kedua Korea.

"Istilah 'DMZ Taiwan' adalah ekspresi saya sendiri. Saya pikir kebanyakan orang Korea yang berkunjung ke sana akan merasakan hal yang sama," kata Lee.

Dia mengatakan keberadaan pengeras suara, barikade militer di pantai dan terowongan rahasia mengingatkannya pada tanah tak bertuan yang terkenal di antara Korea Utara dan Selatan. Tetapi dia menambahkan bahwa ada banyak perbedaan.

"Dibandingkan dengan DMZ, Kinmen memiliki citra yang lebih kuat sebagai tujuan wisata daripada sebagai garis terdepan medan perang," kata Lee.

"Meskipun masih ada pasukan yang ditempatkan dan banyak cerita terkait perang serta tempat-tempat indah, Kinmen memiliki kota tua di mana pengunjung dapat melihat sekilas sejarah masyarakat setempat," imbuh dia.

DMZ Taiwan di Pulau KinmenTuris di DMZ Taiwan, Pulau Kinmen (Foto: CNN)

Pulau Kinmen saat ini

Peninggalan militer seperti Broadcast Wall telah menjadi daya tarik utama bagi turis China daratan. Lagu-lagu Teresa Ting masih diputar namun dengan volume yang jauh lebih rendah, hanya untuk tujuan pariwisata.

"Pada masa-masa awal, ketika Kinmen berada di bawah administrasi militer, pulau itu mengandalkan 100.000 tentara untuk menopang perekonomian," jelas Chien-kang Ting, direktur Departemen Pariwisata Kabupaten Kinmen.

"Ketika pemerintahan militer dibubarkan dan sebagian besar pasukan ditarik, ekonomi Kinmen menderita. Sejak dibukanya Kinmen (pada 1993) untuk masyarakat umum, pariwisata telah menjadi penyambung hidup utama perekonomian Kinmen," terang dia.

Kinmen Kaoliang Liquor, misalnya, adalah penyulingan yang dikelola militer yang didirikan pada 1950-an. Sekarang, itu menjadi salah satu merek minuman keras terlaris di Taiwan dan merupakan tempat wisata yang harus dikunjungi di Pulau Kinmen.

Sementara itu, peluru artileri sekarang digunakan untuk membuat pisau Kinmen yang terkenal. Barang lain yang dihasilkan yakni menjadi barang-barang peralatan masak rumah tangga dan suvenir.

Kinmen menyambut sekitar 2,5 juta wisatawan pada tahun 2019. Sekitar 41% di antaranya berasal dari China daratan, jumlah yang diperkirakan akan terus meningkat kalau tiada pandemi.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Gedung 13 Lantai di Taiwan Terbakar, 14 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]

(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA