Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Mar 2021 06:43 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

3 Fakta Unik tentang Orang Jepang dan Hobi Mandi Bersama

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi Onsen
Foto ilustrasi mandi ala orang Jepang (iStock)

2. Sento

Ilustrasi OnsenIlustrasi sento. Foto: (iStock)

Selanjutnya adalah Sento yaitu pemandian umum yang airnya merupakan air panas buatan. Sebelum masuk ke area pemandian, setiap orang harus membayar sekitar 400 yen.

Di Sento tradisional, pengunjung akan bertemu dengan banto-san atau pemilik sento yang duduk di atas pembatas yang memisahkan bagian pria dan perempuan.

Di sana, pengunjung diminta untuk masuk ke ruang ganti untuk melepaskan pakaian. Kemudian setelah siap, pengunjung dapat membuka pintu kaca dan masuk area pemandian.

Sento dilengkapi dengan kepala pancuran dan ember berjajar di satu dinding yang berfungsi agar pengunjung membersihkan diri masing-masing sebelum masuk ke pemandian umum itu.

Sento memiliki filosofi yang lebih merujuk ke satu kesatuan daripada onsen. Pengunjungnya wajib memperhatikan etika termasuk membawa topi mandi dan perlengkapan lainnya ke area pemandian.

3. Onsen

Khasiat Panjang Umur dan Sehat Orang Jepang: Berendam Air Panas di 'Onsen'Khasiat Panjang Umur dan Sehat Orang Jepang: Berendam Air Panas di 'Onsen' Foto: DW (SoftNews)

Onsen merupakan pemandian air panas yang sumber airnya langsung dari mata air pegunungan. Sebagaimana diketahui, Jepang merupakan negara kepulauan yang dipenuhi gunung berapi.

Terdapat lebih dari 25.500 mata air panas yang ada di Jepang. Hal ini membuat jumlah onsen juga semakin banyak.

Orang Jepang mandi beramai-ramai ke onsen karena percaya pada kekuatan penyembuhan mata air panas selama lebih dari 1000 tahun. Manfaat ini berbeda-beda tergantung jenis mata airnya.

Mata air yang karbon hidrogen dapat menghaluskan kulit. Kemudian mata air belerang dapat mengatur tekanan darah dan menjaga arteri tetap lentur. Sementara air yang mengandung zat besi berkhasiat untuk menenangkan persendian.

Onsen juga dikaitkan dalam kepercayaan Buddhisme. Menurut mitologi, banyak hewan mampu disembuhkan melalui mata air panas. Membawa air dari onsen juga dipercaya dapat membersihkan dan menyembuhkan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Menikmati Sandwich ala Jepang dengan Isian Beef-Chicken Katsu"
[Gambas:Video 20detik]

(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA