Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Mar 2021 13:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Negara yang Rawan Sentimen Anti Asia Selain Amerika

Sekjen PBB Prihatin dengan Meningkatnya Kekerasan Rasial Anti-Asia
Foto: Ilustrasi (DW (News)

4. Australia

Ada makin banyak laporan dimana anggota komunitas China-Australia dan Asia-Australia menjadi sasaran hinaan verbal dan rasis di negeri Kanguru.

Pada tanggal 20 Maret 2020, seorang siswa yang mengenakan masker di Hobart, Tasmania diberi cap, "Anda terkena virus" dan "kembali ke negara Anda" sebelum ditinju sehingga menyebabkan matanya memar dan kacamata pecah.

Alasan penyerangan tersebut sebagian disebabkan oleh perbedaan budaya dalam penggunaan masker di budaya Timur dan Barat. Restoran dan perusahaan China di Sydney dan Melbourne juga tercatat telah mengalami penurunan bisnis yang dramatis, lebih dari 70%.

Menurut jajak pendapat Ipsos MORI online, 23% responden Australia akan mempertimbangkan di masa depan untuk menghindari orang asal China untuk melindungi diri dari virus corona.

Selain itu sebuah survei yang dibuat Australian National University menunjukkan bahwa 84,5% orang Asia-Australia mengalami setidaknya satu contoh diskriminasi antara Januari dan Oktober 2020.

5. India

Tak hanya di dunia Barat, di India sentimen Anti-Asia dan Anti-Oriental juga berhembus kencang. Sebuah survei yang dilaksanakan The Takshashila Institution menemukan bahwa 52,8% responden India merasa istilah seperti "Virus China" dan "Pandemi Made in China" tidak bersifat rasis.

Tak hanya itu, Presiden unit Negara Bagian dari partai berkuasa Bharatiya Janata atau BJP di West Bengal Dilip Ghosh pernah menyatakan bahwa China telah "menghancurkan alam" dan "itulah mengapa Tuhan membalas dendam terhadap mereka."

Pernyataan tersebut kemudian dikecam oleh konsulat China di Kolkata, menyebut mereka salah.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Biden Teken UU Perangi Kejahatan Rasial Anti-Asia"
[Gambas:Video 20detik]

(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA