Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Apr 2021 13:44 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

50 Masjid Terindah di Dunia, Traveler Sudah Salat di Mana? (Bagian 3)

Tim detikcom
detikTravel
masjid
Foto: Masjid Niujie, China (Neni Setyowati/d'Traveler)
Jakarta -

Berbagai negara memiliki masjid-masjid terindah dunia yang menjadi pilihan tempat beribadah untuk umat muslim. Traveler sudah pernah mengunjungi masjid di mana saja?

Mulai dari negeri nan jauh di Arab Saudi hingga negara kita Indonesia, umat muslim bisa menemui berbagai masjid berdesain indah.

Berikut 10 masjid terindah dunia yang ada di China, India dan Pakistan:

16. Masjid Id Kah, China

Id Kah adalah nama salah satu masjid yang tertua di China yang terletak di Kashgar, Provinsi Xinjiang. Masjid ini dibangun tahun 1442 oleh seorang Muslim bernama Saqsiz Mirza. Id Kah Mosque adalah salah satu masjid terbesar di China.

Dengan luas sekitar 16.800 meter persegi, masjid ini mampu menampung 20.000 jamaah. Meski sudah cukup tua, arsitekturnya masih terjaga apik sampai sekarang. Warna kuning pastel mendominasi eksterior masjid, membuatnya tampak cantik.

Masjid indah di ChinaMasjid indah di China Foto: (iStock)

17. Masjid Niujie, China


Sebagai masjid tertua di Kota Beijing, China, Masjid Niujie punya arsitektur khas Tiongkok yang terjaga apik sejak abad ke-15. Masjid ini dibangun pada masa Dinasti Qing, tepatnya tahun 1661-1722.

Masjid ini berada di Distrik Xicheng, yang merupakan kawasan Muslim di Beijing. Masjid ini memiliki luas 10.000 meter persegi, dengan gaya arsitektur gabungan Islam dengan Tiongkok. Ruangan salat utama bisa memuat 1.000 jamaah. Wisatawan terkagum-kagum dengan arsitekturnya.

Masjid indah di ChinaMasjid indah di China Foto: (iStock)

18. Great Mosque of Xi'an, China

Great Mosque of Xi'an terletak di bekas ibukota China yakni Xi'an. Tak hanya di China, masjid ini merupakan salah satu yang tertua di dunia. Bayangkan saja, masjid ini dibangun pada tahun 742 tepatnya pada masa Dinasti Tang. Masjid ini kemudian ditambah bangunannya pada masa Dinasti Ming, kemudian mengalami perluasan pada masa Dinasti Qing ratusan tahun setelah pertama dibuat.

Dengan luas sekitar 12.000 meter persegi masjid ini dibagi menjadi 4 bagian. Selain ruang salat, ada pula taman dan lorong-lorong berarsitektur China. Kaligrafi Islam terpahat di banyak tempat termasuk gerbang masuk dan ruang salat.

Masjid Agung Xi'an, di Kota Xi'an, ibu kota Provinsi ShaanxiMasjid Agung Xi'an, di Kota Xi'an, ibu kota Provinsi Shaanxi Foto: Elvan Dany Sutrisno/detikTravel

Masjid Terindah di Dunia Selanjutnya: Masjid Kobe Jepang

19. Masjid Kobe, Jepang

Kobe Mosque adalah masjid pertama yang didirikan di Jepang dan terletak di Kota Kobe. Dibangun pada 1928, masjid ini terletak di Distrik Kitano-cho dan berhasil bertahan dari beberapa gempa bumi besar yang melanda Jepang.

Distrik Kitano-cho itu sendiri merupakan kawasan ramai turis. Uniknya, meski berada di Jepang, masjid ini bergaya tradisional India dan dibangun oleh arsitek asal Republik Ceko bernama Josef Svagr. Saat Perang Dunia II, masjid ini selamat dari serangan bom sekutu yang menghancurkan seluruh Kota Kobe.

Masjid KobeMasjid Kobe Foto: Afif/detikTravel

20. Jama Masjid Agra, India

Jama Masjid di Agra, India dibangun pada masa pemerintahan Raja Shah Jahan tahun 1648. Masjid ini didedikasikan untuk putri kesayangan sang Raja yakni Janahara Begum.

Berlokasi persis di seberang Agra Fort, Jama Masjid masih berdiri dan berfungsi sampai sekarang. Arsitektur yang memukau menjadikan Jama Masjid salah satu destinasi top di Kota Agra selain tentunya Taj Mahal.

21. Jama Masjid Delhi

Sama seperti Agra, Kota Delhi juga punya masjid yang namanya sama yaitu Jama Masjid. Namun Jama Masjid di Delhi adalah masjid terbesar di India, dibangun oleh Raja Shah Jahan pada tahun 1644-1656.

Masjid besar ini bisa memuat sampai 25.000 jamaah, dan punya arsitektur tradisional Mughal India yang menawan. Masjid ini punya 3 gerbang besar, 4 pilar besar, dan 2 minaret setinggi 40 meter. Jama Masjid juga menjadi destinasi populer di Kota Delhi.

Indian Muslims offer prayers during Eid al-Fitr at the Jama Masjid in the old quarters of New Delhi on June 5, 2019. - Muslims around the world are celebrating the Eid al-Fitr festival, which marks the end of the fasting month of Ramadan. (Photo by Noemi CASSANELLI / AFP)Indian Muslims offer prayers during Eid al-Fitr at the Jama Masjid in the old quarters of New Delhi on June 5, 2019. - Muslims around the world are celebrating the Eid al-Fitr festival, which marks the end of the fasting month of Ramadan. (Photo by Noemi CASSANELLI / AFP) Foto: Noemi CASSANELLI / AFP


22. Makkah Masjid, India

Makkah Masjid adalah salah satu masjid terbesar, tertua, sekaligus yang paling terpelihara keasliannya di India. Terletak di kawasan kota tua Hyderabad, masjid ini mulai digunakan pada 1694.

Sekitar 8.000 orang gotong-royong membangun masjid ini. Tiga buah fasadnya dibuat 5 tahun lamanya, dibuat dari satu batu granit yang diukir sedemikian rupa. Tak heran Makkah Masjid disebut-sebut sebagai salah satu destinasi arsitektur paling top di India.

Facade of the Mecca Masjid depicting the architectural style employed in the largest mosque in HyderabadFacade of the Mecca Masjid depicting the architectural style employed in the largest mosque in Hyderabad Foto: Thinkstock

23. Masjid Badshahi, Pakistan

Masjid Badshahi dibangun pada tahun 1673 oleh raja keenam Dinasti Mughal, Aurangzeb Alamgir. Lokasinya tidak jauh dari Benteng Lahore, yang juga menjadi simbol kejayaan Dinasti Mughal.

Masjid yang punya arti nama sebagai masjid raja ini berada di Kota Lahore, Pakistan. Arsitekturnya cantik yang bangunan luar didominasi merah bata dan memiliki 8 menara. Empat menara di bagian halaman dan empatnya lagi di sisi masjidnya. Luasnya yang mencapai 9 hektar, membuat masjid ini memiliki halaman yang sangat luas serta mampu menampung sampai 100 ribu jamaah.

Tak hanya jadi landmark populer di Pakistan, Masjid Badshahi juga jadi saksi kejayaan Islam di Pakistan. Masjid ini pun pernah jadi masjid terbesar di dunia lhoTak hanya jadi landmark populer di Pakistan, Masjid Badshahi juga jadi saksi kejayaan Islam di Pakistan. Masjid ini pun pernah jadi masjid terbesar di dunia lho Foto: Istimewa/Dok. Wikipedia/Romero Maia.

24. Faisal Masjid, Pakistan

Faisal Masjid di Kota Islamabad, Pakistan masuk dalam daftar masjid terbesar di dunia yang ada di posisi ke-9. Dibangun pada tahun 1987, Faisal Masjid punya luas mencapai 5.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 300 ribu jamaah.

Faisal Masjid punya keunikan pada bagian atapnya. Jika masjid-masjid pada umumnya memiliki atap berbentuk kubah atau seperti bola, maka masjid ini bentuk atapnya seperti tenda. Sebab sang arsitek, Vedat Dalokay terinspirasi dari tenda padang pasir Suku Bedouin.

Bangunan masjid identik dengan kubah dan menara tinggi yang mengelilinginya. Namun, Masjid Faisal di Pakistan punya bentuk unik nan menarik. Penasaran?Bangunan masjid identik dengan kubah dan menara tinggi yang mengelilinginya. Namun, Masjid Faisal di Pakistan punya bentuk unik nan menarik. Penasaran? Foto: Dok. Wikipedia

25. Masjid Shah Jahan, Pakistan

Satu lagi masjid bersejarah di Pakistan, adalah Masjid Shah Jahan. Masjidnya sudah berdiri megah sejak tahun 1647. Pendirinya, yakni Shah Jahan sang maharaja Mughal.

Bangunannya baik di dalam atau di luar berwarna merah bata dengan ubin glasir berwarna biru. Menariknya, masjid tersebut dibangun Shah Jahan sebagai hadiah untuk masyarakat setempat yang baik kepadanya. Menariknya lagi, Shah Jahan jugalah yang membangun Taj Mahal di India.

Baca artikel seri masjid terindah di dunia sebelumnya:

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA