Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Apr 2021 16:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

50 Masjid Cantik di Dunia, Traveler Sudah ke Mana Saja? (Bagian 5)

Tim detikcom
detikTravel
Masjid indah di dunia
Masjed-e Jameh (Guenterguni/Getty Images/iStock)

43. King Hussein bin Talal Mosque, Yordania


Sebagai masjid terbesar di Amman, Yordania, Masjid Raja Hussein atau King Hussein Bin Talal Mosque diresmikan tahun 2006 untuk menggantikan masjid nasional King Abdullah I. Setiap bulan Ramadan dan salat Jumat, masjid tersebut selalu ramai.

Masjid tersebut memiliki bisa menampung lebih dari 5.500 jamaah. Kecantikan arsitektur Masjid Raja Hussein dapat dijumpai dari 4 minaret. Dindingnya memakai batu terbaik di Yordania, sedangkan mihrabnya dibuat dari kayu yang langka.

Masjid indah di duniaMasjid indah di dunia Foto: (iStock)

44. Sheikh Zayed Mosque, Uni Emirat Arab

Dibangun untuk menghormati Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan yang merupakan Presiden dari Uni Emirat Arab, Masjid Sheik Zayed disebut-sebut sebagai yang terpenting di Abu Dhabi. Selain indah, masjid tersebut juga merupakan makam dari mendiang Sheikh Zayed.

Dengan luas lebih dari 12 hektar, masjid tersebut dapat diisi oleh lebih dari 40 ribu jamaah saat perayaan hari Idul Fitri dan Idul Adha. Selain sebagai tempat salat, masjid tersebut juga menjadi tempat pengajaran ilmu agama Islam. Banyak selebriti Hollywood yang pernah berkunjung ke masjid ini seperti Rihanna dan Selena Gomez.

Masjid indah di duniaMasjid indah di dunia Foto: (iStockphoto/mtcurado)

45. Sultan Qaboos Grand Mosque, Oman

Berawal dari keinginan Sultan Qaboos di Oman untuk mendirikan sebuah masjid megah di tahun 1992, maka terciptalah Sultan Qaboos Grand Mosque. Masjid megah itu dibangun selama enam tahun dan empat bulan, waktu yang tidak sebentar. Tapi, hasilnya sepadan dengan kecantikan arsitekturnya

Untuk materialnya, digunakan 300.000 ton batu. Secara kapasitas, Masjid Sultan Qaboos Grand Mosque dapat menampung hingga 6.500 jamaah, sedangkan tempat salat perempuan dapat menampung hingga 750 jamaah. Adapun secara keseluruhan, masjid tersebut dapat menampung hingga 20.000 jamaah.

Masjid indah di duniaMasjid indah di dunia Foto: (iStockphoto/mtcurado)

46. Masjid Al Hassan II, Maroko

Sebagai salah satu negara muslim Afrika, Maroko punya Masjid Al Hassan II yang begitu megah di Casablanca. Pembangunan masjid digagas oleh Raja Hassan II, yang bercita-cita mendirikan masjid megah yang bisa menjadi landmark Maroko. Masjid kemudian mulai dibangun pada tahun 1986 oleh Grup Bouygues.

Raja Hassan II juga tak ingin setengah-setengah dengan desain masjid. Seorang arsitek Prancis Michel Pinseau pun dipekerjakan untuk membuat desain masjid. Pembangunan selesai pada tahun 1993.

Masjid Al Hassan II pun menjadi yang terbesar di Afrika dan terbesar ke-7 di dunia. Menara masjidnya juga diyakini menjadi yang paling tinggi di dunia. Wah!

47. Great Mosque of Djenne, Mali


Ini mungkin adalah masjid paling unik di dunia. Bangunan pertama Great Mosque of Djenne mulai dibangun pada abad ke-13 di Mali. Namun masjid ini sempat dibangun kembali dan usai dibenahi tahun 1907.

Sejak selesai dibangun, masjid tersebut langsung menjadi landmark terkenal di Afrika. Hal ini tak mengherankan karena Great Mosque of Djenne dibangun dari bahan yang tidak biasa. Bukan dari semen dan batu bata seperti pada umumnya, masjid ini terbuat dari lumpur.

Namun bukan sembarang lumpur, melainkan lumpur dinding bernama ferey yang telah dikeringkan dengan panas matahari. Setiap periode tertentu, masyarakat memperbarui dinding lumpur di masjid ini.

Masjid Agung di Mali.Masjid Agung di Mali. Foto: (BBC)

48. Mashkhur Jusup Central Mosque, Kazakhstan

Mashkhur Jusup Central Mosque berdiri tahun 2001 di Pavlodar, Kazakhstan. Nama masjid ini diambil dari penyair dan sejarawan Kazahstan yang bernama Mashkur Jusup.

Mashkhur Jusup Central Mosque memiliki dua ruangan untuk ibadah. Ruangan pertama khusus untuk laki-laki yang bisa menampung hingga 1.200 orang, sedangkan ruangan satunya untuk wanita dengan kapasitas 300 orang.

Ada 4 menara dengan tinggi 63 meter yang membuat masjid ini makin terlihat megah. Bagian dalam masjid juga dilegkapi dengan 434 lampu gantung yang terkesan mewah. Selain untuk ibadah, masjid juga sering digunakan punya ruangan lain untuk perpustakaan dan gedung pernikahan.

Masjid Raya Mashkhur Jusup merupakan salah satu masjid dengan bentuk unik di Dunia. Seperti apa potret bangunan masjid yang berada di Kazahkstan itu? Yuk, lihat.Masjid Raya Mashkhur Jusup merupakan salah satu masjid dengan bentuk unik di Dunia. Seperti apa potret bangunan masjid yang berada di Kazahkstan itu? Yuk, lihat. Foto: Istimewa/Dok. www.beautifulmosque.com


49. Masjid Bibi Khanym, Uzbekistan

Pada abad ke-14, Bibi Khanym yang merupakan istri penguasa Asia Tengah yang dikenal dengan sebutan Amir Timur, memerintahkan pembangunan masjid yang megah di Samarkand, Uzbekistan. Masjid dibangun dengan batuan langka yang dikumpulkan selama Amir Timur menaklukan India.

Masjid Bibi Khanym berukuran besar dengan pajang 167 meter dan lebar 109 meter. Saking besarnya, ada dua masjid kecil yang dibangun di halaman. Tepat di tengah-tengah halamannya, ada pula sebuah Al Quran marmer besar yang dipajang.

Masjid Bibi Khanym di Samarkand, UzbekistanMasjid Bibi Khanym di Samarkand, Uzbekistan Foto: (dok Kemenpar Uzbekistan)

50. Great Mosque of Paris, Prancis

Great Mosque of Paris dibangun tahun 1926 sebagai rasa terima kasih negara Prancis terhadap umat Muslim yang ikut berperang melawan pasukan Jerman, di Perang Dunia I. Masjid ini diresmikan oleh Presiden Gaston Doumergue 15 Juli 1926.

Seorang Sufi Aljazair pun dipilih sebagai imam salat pertama di masjid itu. Hingga kini, Great Mosque of Paris menjadi masjid terbesar di Eropa Barat. Masjid tampak begitu megah dengan arsitekur khas Alhambra yang diadopsi dari bangsa Moor.

Seperti berbagai masjid lain, Great Mosque of Paris juga punya menara. Tingginya sekitar 33 meter dengan bentuk segi empat dan berlapis keramik hijau toska. Cantik sekali!

Grand Mosque menjadi masjid ikonik di Paris. Kini muncul perdebatan terkait rencana membangun sebuah masjid di wilayah Strasbourg dengan dana publik.Grand Mosque menjadi masjid ikonik di Paris. Kini muncul perdebatan terkait rencana membangun sebuah masjid di wilayah Strasbourg dengan dana publik. Foto: Getty Images/Abdulmonam Eassa



Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT