Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 08 Apr 2021 16:30 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

50 Masjid Cantik di Dunia, Traveler Sudah ke Mana Saja? (Bagian 5)

Tim detikcom
detikTravel
Masjid indah di dunia
Masjed-e Jameh (Guenterguni/Getty Images/iStock)
Jakarta -

Umat muslim bisa mengunjungi berbagai masjid terindah di dunia. Tak jarang wisata religi menjadi tujuan yang tak terlewatkan saat mengunjungi suatu negara.

Mulai dari negeri nan jauh di Arab Saudi hingga negara kita Indonesia, umat muslim bisa menemui berbagai masjid berdesain indah. Berikut 15 masjid cantik di Turki, Irak Iran, Suriah, Yordania, Oman hingga Uzbekistan.


36. Blue Mosque, Turki

Blue Mosque di Istanbul merupakan masjid paling bersejarah di Turki. Mengapa namanya masjid biru? Sebab, pendirinya yakni Sultan Ahmed sengaja memberikan warna biru pada kubahnya. Yang bertujuan, untuk menandingi Hagia Sofia ini berwarna biru.

Blue Mosque sudah berdiri sejak tahun 1609, yang mana makam Sultan Ahmed berada di bagian halamannya. Arsitekturnya pun indah, memiliki 6 menara, kaligrafi, corak bunga-bunga, tanaman dan mozaik pada dinding. Langit-langitnya penuh dengan perpaduan warna biru, ungu dan coklat yang sangat artistik. Wajar, jika Blue Mosque disebut salah satu masjid terindah di dunia.

Blue Mosque di IstanbulBlue Mosque di Istanbul Foto: Rois Jajeli

37. Selimiye Mosque, Turki

Selimiye Mosque berlokasi di Kota Edirne, sebelah barat Turki. Didirikan pada tahun 1568, saat pemerintahan Kesultanan Utsmaniyah di bawah pimpinan Sultan Selim II. Sedangkan sang arsitek masjid, adalah Mimar Sinan yang merupakan seorang cendekiawan Muslim di bidang arsitek saat itu.

Selimiye Mosque memiliki dua lantai, empat menara setinggi 84 meter, 384 jendela dan kubah raksasa berdiameter 31 meter. Interior di dalamnya cenderung terlihat polos, karena punya arti sebagai penanda kerendahan hati terhadap Sang Pencipta.

Masjid indah di duniaMasjid indah di dunia Foto: (iStock)


38. Great Mosque of Samarra, Irak

Great Mosque of Samarra di Irak bentuknya sangat unik. Selain karena bangunannya seperti benteng dan terbuat dari batu bata yang telah melalui proses pembakaran terlebih dulu, masjid ini memiliki Menara Malwiya yang berbentuk spiral setinggi 52 meter. Wow!

Great Mosque of Samarra dibangun pada abad ke-9 oleh Khalifah Al Mutawakkil, yakni khalifah ke-10 dari Dinasti Abbasiyah. Sayang, masjid yang sudah masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO ini kondisinya sedang kritis. Peperangan yang terjadi di Irak, telah merusak Great Mosque of Samarra.

Masjid indah di duniaMasjid indah di dunia Foto: (iStock)

39. Great Mosque of Kufa, Irak


Satu lagi masjid bersejarah di Irak adalah Great Mosque of Kufa yang berlokasi di Kota Kufa. Masjidnya dibangun pada abad ke-7 oleh Muslim Ibn Aqil, sepupu dari Husein Bin Ali yang merupakan cucu dari Nabi Muhammad SAW.

Interior di dalam masjidnya indah bukan main. Kaligrafi dari ayat-ayat Al Quran di dalam masjidnya, dihiasi dengan emas, perak dan berlian. Pada bagian tengahnya, terdapat halaman yang luas yang kalau dilihat sekilas, mirip dengan Masjidil Haram di Makkah. Namun sayang, kondisi peperangan di Irak mengancam kelestarian masjid cantik ini.

Selanjutnya, masjid cantik di Iran, Irak dan Suriah

40. Masjid Sheikh Lotfollah, Iran


Masjid Sheikh Lotfollah di Esfahan, Iran didirikan sekitar tahun 1619. Arsiteknya yaitu Syaikh Bahai, yang membangunnya atas perintah dari Raja Shah Abbas I dari Dinasti Safawi di Persia.

Keindahan Sheikh Lotfollah Mosque terletak di bagian kubah, dinding dan langit-langitnya. Mozaik yang penuh warna-warni akan membuat hati merasa tenteram. Dominasi warna mozaiknya sendiri adalah biru.

41. Masjed-e Jameh, Iran

Masih dari kota bersejarah Esfahan di Iran, berdiri Masjed-e Jameh yang mempesona. Masjid tersebut merupakan salah satu yang tertua di Iran dan menjadi model dari masjid di Asia Tengah. Komplek masjidnya pun membentang lebih dari 20 ribu meter persegi.

Secara desain, Masjed-e Jameh merupakan bangunan Islam pertama yang mengadaptasi tampilan Istana Sassanid. Dapat dijumpai juga berbagai detil yang merepresentasikan perkembangan masjid selama dahulu. Masjed-e Jameh merupakan salah satu dari Situs Warisan Dunia UNESCO yang ada di Iran.

Masjid indah di duniaMasjid indah di dunia Foto: Getty Images/iStockphoto/guenterguni

42. Masjid Umayyad, Suriah

Berada di kota tua Aleppo di Suriah, Masjid Umayyad disebut-sebut merupakan tempat suci keempat bagi orang Islam. Sejarahnya, masjid tersebut dibangun di atas basilika yang didedikasikan untuk menghormati Santo Yohanes pembaptis, kemudian direbut dan dijadikan masjid saat pendudukan tahun 634.

Terdapat juga kuburan dari salah satu tokoh Islam terkemuka yaitu Sultan Salahuddin yang berada di sebuah kebun di komplek masjid. Sayang, konflik Suriah tahun 2013, telah memporak-porandakan masjid indah tersebut dan menghancurkan minaretnya yang terkenal.

Masjid indah di duniaMasjid indah di dunia Foto: (iStockphoto/mtcurado)

Selanjutnya, masjid cantik di Yordania Uni Emirat Arab dan Oman.

43. King Hussein bin Talal Mosque, Yordania


Sebagai masjid terbesar di Amman, Yordania, Masjid Raja Hussein atau King Hussein Bin Talal Mosque diresmikan tahun 2006 untuk menggantikan masjid nasional King Abdullah I. Setiap bulan Ramadan dan salat Jumat, masjid tersebut selalu ramai.

Masjid tersebut memiliki bisa menampung lebih dari 5.500 jamaah. Kecantikan arsitektur Masjid Raja Hussein dapat dijumpai dari 4 minaret. Dindingnya memakai batu terbaik di Yordania, sedangkan mihrabnya dibuat dari kayu yang langka.

Masjid indah di duniaMasjid indah di dunia Foto: (iStock)

44. Sheikh Zayed Mosque, Uni Emirat Arab

Dibangun untuk menghormati Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan yang merupakan Presiden dari Uni Emirat Arab, Masjid Sheik Zayed disebut-sebut sebagai yang terpenting di Abu Dhabi. Selain indah, masjid tersebut juga merupakan makam dari mendiang Sheikh Zayed.

Dengan luas lebih dari 12 hektar, masjid tersebut dapat diisi oleh lebih dari 40 ribu jamaah saat perayaan hari Idul Fitri dan Idul Adha. Selain sebagai tempat salat, masjid tersebut juga menjadi tempat pengajaran ilmu agama Islam. Banyak selebriti Hollywood yang pernah berkunjung ke masjid ini seperti Rihanna dan Selena Gomez.

Masjid indah di duniaMasjid indah di dunia Foto: (iStockphoto/mtcurado)

45. Sultan Qaboos Grand Mosque, Oman

Berawal dari keinginan Sultan Qaboos di Oman untuk mendirikan sebuah masjid megah di tahun 1992, maka terciptalah Sultan Qaboos Grand Mosque. Masjid megah itu dibangun selama enam tahun dan empat bulan, waktu yang tidak sebentar. Tapi, hasilnya sepadan dengan kecantikan arsitekturnya

Untuk materialnya, digunakan 300.000 ton batu. Secara kapasitas, Masjid Sultan Qaboos Grand Mosque dapat menampung hingga 6.500 jamaah, sedangkan tempat salat perempuan dapat menampung hingga 750 jamaah. Adapun secara keseluruhan, masjid tersebut dapat menampung hingga 20.000 jamaah.

Masjid indah di duniaMasjid indah di dunia Foto: (iStockphoto/mtcurado)

46. Masjid Al Hassan II, Maroko

Sebagai salah satu negara muslim Afrika, Maroko punya Masjid Al Hassan II yang begitu megah di Casablanca. Pembangunan masjid digagas oleh Raja Hassan II, yang bercita-cita mendirikan masjid megah yang bisa menjadi landmark Maroko. Masjid kemudian mulai dibangun pada tahun 1986 oleh Grup Bouygues.

Raja Hassan II juga tak ingin setengah-setengah dengan desain masjid. Seorang arsitek Prancis Michel Pinseau pun dipekerjakan untuk membuat desain masjid. Pembangunan selesai pada tahun 1993.

Masjid Al Hassan II pun menjadi yang terbesar di Afrika dan terbesar ke-7 di dunia. Menara masjidnya juga diyakini menjadi yang paling tinggi di dunia. Wah!

47. Great Mosque of Djenne, Mali


Ini mungkin adalah masjid paling unik di dunia. Bangunan pertama Great Mosque of Djenne mulai dibangun pada abad ke-13 di Mali. Namun masjid ini sempat dibangun kembali dan usai dibenahi tahun 1907.

Sejak selesai dibangun, masjid tersebut langsung menjadi landmark terkenal di Afrika. Hal ini tak mengherankan karena Great Mosque of Djenne dibangun dari bahan yang tidak biasa. Bukan dari semen dan batu bata seperti pada umumnya, masjid ini terbuat dari lumpur.

Namun bukan sembarang lumpur, melainkan lumpur dinding bernama ferey yang telah dikeringkan dengan panas matahari. Setiap periode tertentu, masyarakat memperbarui dinding lumpur di masjid ini.

Masjid Agung di Mali.Masjid Agung di Mali. Foto: (BBC)

48. Mashkhur Jusup Central Mosque, Kazakhstan

Mashkhur Jusup Central Mosque berdiri tahun 2001 di Pavlodar, Kazakhstan. Nama masjid ini diambil dari penyair dan sejarawan Kazahstan yang bernama Mashkur Jusup.

Mashkhur Jusup Central Mosque memiliki dua ruangan untuk ibadah. Ruangan pertama khusus untuk laki-laki yang bisa menampung hingga 1.200 orang, sedangkan ruangan satunya untuk wanita dengan kapasitas 300 orang.

Ada 4 menara dengan tinggi 63 meter yang membuat masjid ini makin terlihat megah. Bagian dalam masjid juga dilegkapi dengan 434 lampu gantung yang terkesan mewah. Selain untuk ibadah, masjid juga sering digunakan punya ruangan lain untuk perpustakaan dan gedung pernikahan.

Masjid Raya Mashkhur Jusup merupakan salah satu masjid dengan bentuk unik di Dunia. Seperti apa potret bangunan masjid yang berada di Kazahkstan itu? Yuk, lihat.Masjid Raya Mashkhur Jusup merupakan salah satu masjid dengan bentuk unik di Dunia. Seperti apa potret bangunan masjid yang berada di Kazahkstan itu? Yuk, lihat. Foto: Istimewa/Dok. www.beautifulmosque.com


49. Masjid Bibi Khanym, Uzbekistan

Pada abad ke-14, Bibi Khanym yang merupakan istri penguasa Asia Tengah yang dikenal dengan sebutan Amir Timur, memerintahkan pembangunan masjid yang megah di Samarkand, Uzbekistan. Masjid dibangun dengan batuan langka yang dikumpulkan selama Amir Timur menaklukan India.

Masjid Bibi Khanym berukuran besar dengan pajang 167 meter dan lebar 109 meter. Saking besarnya, ada dua masjid kecil yang dibangun di halaman. Tepat di tengah-tengah halamannya, ada pula sebuah Al Quran marmer besar yang dipajang.

Masjid Bibi Khanym di Samarkand, UzbekistanMasjid Bibi Khanym di Samarkand, Uzbekistan Foto: (dok Kemenpar Uzbekistan)

50. Great Mosque of Paris, Prancis

Great Mosque of Paris dibangun tahun 1926 sebagai rasa terima kasih negara Prancis terhadap umat Muslim yang ikut berperang melawan pasukan Jerman, di Perang Dunia I. Masjid ini diresmikan oleh Presiden Gaston Doumergue 15 Juli 1926.

Seorang Sufi Aljazair pun dipilih sebagai imam salat pertama di masjid itu. Hingga kini, Great Mosque of Paris menjadi masjid terbesar di Eropa Barat. Masjid tampak begitu megah dengan arsitekur khas Alhambra yang diadopsi dari bangsa Moor.

Seperti berbagai masjid lain, Great Mosque of Paris juga punya menara. Tingginya sekitar 33 meter dengan bentuk segi empat dan berlapis keramik hijau toska. Cantik sekali!

Grand Mosque menjadi masjid ikonik di Paris. Kini muncul perdebatan terkait rencana membangun sebuah masjid di wilayah Strasbourg dengan dana publik.Grand Mosque menjadi masjid ikonik di Paris. Kini muncul perdebatan terkait rencana membangun sebuah masjid di wilayah Strasbourg dengan dana publik. Foto: Getty Images/Abdulmonam Eassa



(elk/ddn)
BERITA TERKAIT