Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Apr 2021 20:06 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Keunikan Lain dari Jepang: Punya Toilet Umum Mengambang

Putu Intan
detikTravel
Toilet mengambang di Jepang
Toilet mengambang di Jepang. Foto: Kenta Hasegawa
Tokyo -

Jepang dikenal sebagai negara yang punya berbagai fasilitas unik. Kini ada toilet mengambang pertama di dunia. Seperti apa bentuknya?

Seolah tak afdol jika tak punya temuan unik, itulah Jepang. Negeri Sakura ini kembali menelurkan inovasi toilet canggih dengan desain tak biasa yakni toilet mengambang.

Jika dilihat dari foto yang beredar, sekilas toilet ini tampak biasa saja. Akan tetapi jika diperhatikan lagi, bangunan toilet itu ternyata tidak menyentuh tanah. Ada celah antara tanah dengan bangunan yang membuatnya mengambang.

Dilansir dari Travel and Leisure, Kamis (15/4/2021) toilet itu terletak di Stasiun Sendagaya. Toilet ini dibuat studio desain Jepang bernama Suppose Design Office. Mereka mendesain bangunan toilet yang biliknya terbuat dari kayu akoya dan bagian dalamnya memberikan kenyamanan seperti di hotel.

Meskipun toilet ini mengambang, studio itu menjelaskan bahwa toilet ini sepenuhnya tertutup pada ketinggian yang sejajar mata. Selain itu, celah di bagian kaki bangunan setinggi 500 milimeter ini juga mampu menjadi ventilasi dan bagian atasnya memungkinkan cahaya masuk.

"Kami bertujuan untuk menciptakan arsitektur yang memungkinkan orang untuk merasakan ruang yang lebih dari sekadar toilet umum," kata Suppose Design Office.

Toilet mengambang di JepangToilet mengambang di Jepang. Foto: Kenta Hasegawa

Sementara itu di bagian dinding, Suppose Design Office memberikan kolom tengah di dalam struktur toilet mengambang.

"Kami ingin menciptakan rasa nyaman di kota dengan membuat bongkahan beton yang biasanya berat, terlihat seperti mengapung, sehingga menjadi sebuah seni tersendiri," ujarnya.

Toilet ini memiliki ukuran sekitar 7,5 meter dengan tinggi hampir dua kali dari pintu masuk stasiun yang letaknya di sebelah bangunan. Luasnya 75 meter persegi dengan sekat antara bilik laki-laki dan perempuan, wastafel, dan pusat struktur toilet.

"Toilet umum adalah bangunan kecil. Ukurannya yang kecil memberi mereka skala yang akrab. Di sisi lain, toilet juga cenderung memiliki citra tidak disukai dari sudut pandang kebersihan. Jadi kami berkontribusi pada peningkatan level budaya dengan mempertahankan arsitektur pada skala yang lazim sambil memperbarui citra buruk itu," ungkap Suppose Design Office.

Toilet mengambang sendiri merupakan salah satu proyek yang mendukung pelaksanaan Olimpiade Tokyo yang rencananya bakal digelar pada Musim Panas 2021.



Simak Video "Unik! Ada Toilet 'Transparan' di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA