Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Mei 2021 22:26 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Melihat Maldives Tempo Dulu, Sebelum Ramai Dijamah Turis

Putu Intan
detikTravel
Melihat Maldives Sebelum Ramai Dijamah Turis
Maldives tahun 70-an. Foto: Kurumba Maldives/CNN

Saat ini, Maldives menjadi destinasi populer bagi orang-orang untuk 'kabur' dari COVID-19. Karena letaknya yang terpencil, banyak turis kaya yang mengungsi ke sana.

Negara itu telah membuka diri untuk kedatangan turis mancanegara meskipun kini terjadi lonjakan kasus COVID-19 di sana.

Selain soal ancaman COVID-19, Maldives juga sebenarnya punya sejumlah masalah yang mengancam eksistensi tempat tersebut. Di antaranya adalah tentang perubahan iklim yang membuat pulau-pulau di sana terancam tenggelam.

Masalah lain adalah soal ekosistem laut yang terancam. Dulu, di Maldives terjadi perburuan hiu dan giginya dijadikan souvenir.

Melihat Maldives Sebelum Ramai Dijamah TurisMaldives tempo dulu. Foto: Kurumba Maldives/CNN

Beruntung pada 2010, Hussain 'Sendi' Rasheed yang disebut sebagai bapak industri selam Maldives berhasil mendorong pelarangan penangkapan hiu.

"Setiap spesies yang hidup di sini penting bagi kami. Memang, hiu mungkin tampak menakutkan tetapi mereka adalah bagian penting dari ekosistem bawah air," katanya.

"Karang menyediakan rumah bagi ikan. Ikan adalah makanan bagi hiu. Siklus kehidupan hanya beberapa sentimeter di bawah permukaan laut," ujarnya.

Ia pun berharap para turis yang menikmati keindahan Maldives juga dapat membantu melestarikan laut di sana untuk generasi mendatang.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA