Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 28 Mei 2021 19:07 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Lorong Buangkok, Kampung Terakhir di Singapura

Femi Diah
detikTravel
Jalanan di Kampong Lorong Buangkok, Singapura
Jalanan di Kampong Lorong Buangkok Foto: Google Maps

Kini dengan lahan di Singapura yang makin mahal, kampung itu bukannya tidak ada yang mengincar. Sejumlah proposal pernah diajukan agar Mui Hong mau menjual kampung tersebut.

Salah satu proposal itu datang pada 2014. Proposal itu menyebut ingin membeli tanah tersebut untuk dijadikan jalan tol, dua sekolah, dan taman bermain.

Proposal itu tidak tembus. Mui Hong berjanji tidak adakan menjual tanah itu. Pemerintah juga tidak tertarik untuk emmebrikan izin mengubah kawasan itu menajdi modern.

"Lorong Buangkok dapat dipertahankan sebagai bagian dari sekolah untuk kegiatan pembelajaran di luar ruangan misalnya, atau diintegrasikan ke dalam taman atau taman bermain di masa depan," kata Dr Intan Mokhtar, mantan politisi dan asisten profesor kebijakan dan kepemimpinan di Institut Teknologi Singapura.

"Sebagian besar (penduduk) telah tinggal di sana selama lebih dari separuh hidup mereka, dan mereka memperlakukan satu sama lain sebagai keluarga," dia menambahkan.

Salah satu penduduk setempat, Nassim, berharap pemerintah tidak mengubah kebijakan. Sebab, Kampong Lorong Buangkok merupakan salah satu jejak masa lalu Singapura yang patut diketahui anak cucu.

"Pemerintah harus melihat betapa pentingnya kampung kami ini. Kalian harus mempertahankan sesuatu untuk mengingatkan generasi muda seperti apa negara ini dulunya," kata Nassim.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Rekomendasi Wisata dan Kuliner Malam di Singapura, Wajib Mampir! "
[Gambas:Video 20detik]

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA