Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Jun 2021 22:27 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Melintasi 9 Negara, Inilah Sungai Terpanjang di Dunia

River Nile and ship at sunset in Aswan
Ilustrasi Sungai Nil (Getty Images/iStockphoto/Givaga)
Kairo -

Sungai menjadi sumber peradaban sejak dahulu hingga sekarang. Tak terkecuali sungai terpanjang di dunia yang melintasi 9 negara ini.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (23/6/2021), sungai terpanjang di dunia berada di benua Afrika. Namanya pun sudah tercatat dalam buku pelajaran geografi sekolah dasar sebagai Sungai Nil.

Diketahui, Sungai Nil memiliki panjang hingga 6.650 km dan melewati 9 negara, yakni Mesir, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi dan Sudan.

Keberadaan sungai terpanjang di dunia itu memiliki peranan yang sangat besar pada kemajuan peradaban dan perekonomian Mesir sejak ribuan tahun lalu. Nama Nil sendiri berarti lembah sungai dalam bahasa Yunani.

Adapun dalam perjalanannya, Sungai Nil begitu lekat dengan Mesir. Satu sumbangan dari Sungai Nil adalah kemampuannya dalam menghasilkan tanah subur sebagai hasil sedimentasi di sepanjang daerah aliran sungainya.

Tanah yang subur ini memungkinkan penduduk Mesir mengembangkan pertanian dan peradaban sejak ribuan tahun yang lalu. Orang Yunani kuno dan penulis Herodotus menamakan negeri ini dengan nama anugerah Nil.

Negeri ini sejak dulu dikenal dengan nama negeri Firaun, tempat Musa dilahirkan, dan lain sebagainya. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah penemuan arkeologis berkaitan dengan kisah Musa dan Firaun, serta peninggalan Raja-raja di Mesir.

Sungai Nil mengairi wilayah Mesir seluas 20 km persegi. Orang Mesir sebagian besar mengandalkan hidup dari pertanian di lahan subur dari Sungai Nil, setelah dibangunnya bendungan Aswan pada tahun 1970.

Data statistik menyebutkan, sekitar 35 persen penduduk Mesir terdiri atas para petani dan peternak hewan. Mereka melakukan kegiatan ini sejak zaman Firaun. Hasil pertanian di lembah Nil, antara lain tebu, kapas, tomat, bawang, dan kurma. Mesir merupakan pengekspor kurma terbesar nomor dua dan pengekspor kapas nomor lima di dunia.

Pertanian rakyat Mesir makin subur dengan dibangunnya bendungan Aswan. Tanpa adanya bendungan tersebut, sebagian wilayah Mesir akan mengalami banjir akibat meluapnya Sungai Nil.

Itulah profil singkat dari sungai terpanjang di dunia. Sungguh luar bisa ya.



Simak Video "KA Tergelincir di Mesir, 11 Orang Tewas, 98 Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA