Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 01 Agu 2021 06:01 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kondisi Perekonomian Thailand, dari Pertanian hingga Pariwisata

Putu Intan
detikTravel
Green landscape of rice fields down Phanom Rung extinct volcano in Nang Rong district, Isan, Thailand
Persawahan di Thailand. Foto: dok. gionnixxx/iStock
Jakarta -

Thailand dijuluki Lumbung Padi Asia Tenggara bukan tanpa alasan. Negara ini memang ambisius dalam pertanian. Selain itu sektor pariwisatanya juga tak bisa dianggap remeh.

Thailand adalah salah satu negara yang terletak di Asia Tenggara. Dengan kondisi iklim tropis dan tanah subur, Thailand sukses mengembangkan sektor pertaniannya.

Hasil pertanian utama mereka adalah beras dan jagung, kayu gelondongan, tapioka, buah-buahan, dan karet untuk diekspor. Indonesia termasuk yang menerima beras dari Thailand. Pada tahun 2021, Thailand berambisi untuk mengekspor 6 juta ton beras ke Indonesia, China, Bangladesh, dan Irak.

Selain itu, Thailand juga memiliki potensi ekonomi dari hasil pertambangan yakni timah, biji besi, minyak dan gas, serta tembaga. Di samping itu, Thailand juga dikenal mengembangkan industri perakitan elektronik dan otomotif.

Di samping sektor-sektor tadi, pariwisata juga menjadi andalan Negeri Gajah Putih. Berdasarkan laporan United Nations World Tourism Organisation (UNWTO) pada 2017, Thailand memperoleh pendapatan devisa pariwisata sebesar USD 81 miliar. Ini menempatkan mereka di posisi keempat sebagai negara dengan devisa pariwisata tertinggi di dunia.

Suguhan pariwisata Thailand memang dikenal beragam, mulai dari budaya, alam, hingga kuliner. Untuk wisata budaya, Thailand menyuguhkan destinasi seperti Wat Arun yang merupakan salah satu kuil tertua di sana. Ada juga Grand Palace yaitu tempat disimpannya peninggalan sejarah dan budaya Thailand.

Kemudian untuk wisata alam, pantai masih menjadi favorit. Misalnya Pantai Railay atau Koh Phi Phi yang terkenal akan resor tepi pantai mewahnya.

Jika ingin menikmati kuliner dan wisata belanja, wisatawan juga dapat datang ke Chiang Mai. Di sana tersedia beraneka macam makanan khas Thailand mulai dari tom yam hingga mango sticky rice.



Simak Video "Thailand Siap Sambut Wisatawan Asing dan Tak Perlu Karantina"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA