Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Agu 2021 16:24 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pulau Ini Digadang-gadang Jadi 'Bali Baru' Buat Warga Aussie

Putu Intan
detikTravel
One of the most popular tourist destinations on Saipan, Northern Mariana Islands
Pulau Saipan. Foto: Dok. raksyBH/iStock
Saipan, Mariana Utara -

Pulau Saipan disebut bakal menjadi pesaing Bali sebagai destinasi favorit turis Australia. Pulau ini jaraknya dekat dan bebas COVID-19.

Pandemi COVID-19 yang berlangsung nyaris 2 tahun membuat warga Australia kehabisan ide untuk liburan. Biasanya, banyak dari mereka yang datang ke Bali untuk menikmati pantai tropis.

Akan tetapi dengan ditutupnya perbatasan, hal itu tak dapat dilakukan. Warga Australia yang mulai kangen dengan suasana pantai akhirnya mencari alternatif destinasi baru yang lokasinya terjangkau.

Dilansir dari news.com.au, Rabu (4/8/2021) Pulau Saipan di Kepulauan Mariana Utara, Samudera Pasifik Barat menjadi kandidat kuat. Pulau ini sebelumnya lebih dikenal sebagai lokasi pertempuran pasukan Amerika Serikat melawan Jepang saat Perang Dunia II tahun 1944.

Saat ini, Saipan kerap dikunjungi untuk wisata selam dan snorkeling. Di sana juga terdapat bar dan restoran yang dipenuhi wisatawan mancanegara.

Saipan merupakan pulau yang dimiliki Amerika Serikat. Pulau ini dapat ditempuh selama 6 jam dari Brisbane. Saipan kini memposisikan dirinya sebagai 'Bali baru' bagi warga Australia yang haus berwisata.

This photo was shot in an island of Saipan.Pulau Saipan. Foto: Dok. Honglin Liu/iStock

Pulau ini telah diatur untuk dapat mencapai herd immunity dari COVID-19. Pemerintah melakukan vaksinasi besar-besaran selama beberapa minggu terakhir. Kini 80 persen warganya sudah divaksin.

Dilaporkan The Australian, Saipan ingin segera membuka kembali gerbangnya dan secara khusus membidik turis Australia. Saipan berharap maskapai dari Australia mau untuk mendarat di sana.

Gubernur pulau itu juga mendukung rencana maskapai baru, Marianas Pasific untuk terbang ke tujuan aman COVID-19, termasuk Australia.

Pakar penerbangan Australia dan Ketua Marianas Pasific, Neil Hansford mengatakan Pulau Saipan menjadi tujuan yang jelas pascapandemi COVID-19.

"Tidak ada otoritas kesehatan Australia yang akan mengizinkan perjalanan ke Bali dalam waktu dekat, sama dengan Filipina. Orang Australia ingin pergi ke suatu tempat yang aman dari COVID-19 dan Saipan memenuhi seluruh kriteria," katanya.

"Jaraknya dari Brisbane sama dengan ke Bali, Saipan memiliki kualitas hotel yang sama, resor yang sama, penyelaman yang lebih baik, bahasa Inggris adalah bahasa utama dan berada di zona waktu yang sama dengan kita," tuturnya.

Hanford juga menambahkan, pulau itu menggunakan mata uang AS. Akan tetapi tarif akomodasinya mirip dengan Bali.

Saipan juga memiliki cuaca bagus dengan suhu yang hangat sepanjang tahun. Ombaknya aman untuk berenang dan mendayung.

Ketua Federasi Agen Perjalanan Australia, Tom Manwaring mengatakan destinasi wisata alternatif seperti Saipan dapat diperhitungkan. Ini mengingat Bali masih menutup diri dari kunjungan internasional.

"Dampak COVID-19 di Bali akan menguntungkan destinasi lain seperti Saipan yang memberikan fasilitas kesehatan maksimal," katanya.

"Travel adalah bisnis yang sangat kompetitif. Jika tiket pesawat kompetitif dan frekuensinya bagus, mereka (Saipan) memiliki peluang," pungkasnya.



Simak Video "13 Kasus Baru Varian Delta Ditemukan, Australia Perpanjang Lockdown"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA