Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Sep 2021 23:26 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Makam Mustafa Kemal Ataturk, Sosok Bapak Bangsa Turki yang Dihormati

Tim detikcom
detikTravel
Mosoleum Ataturk
Foto: Mausoleum Ataturk (Getty Images/AegeanBlue)
Ankara -

Turki punya sosok yang dikenal sebagai bapak bangsa dalam diri Mustafa Kemal Ataturk. Mari lebih dekat dengan sosoknya di makamnya yang berada di kota Ankara.

Mustafa Kemal Ataturk dijuluki sebagai 'Bapak Orang Turki'. Dia terlahir dengan nama Ali Rıza Oglu Mustafa atau Mustafa anak Ali Riza. Dia kemudian dikenal dengan nama Mustafa Kemal Pasha.

Nama Ataturk sendiri berarti bapak orang-orang Turki. Nama tersebut disematkan oleh parlemen Turki pada tahun 1934 atas jasanya membangun Turki menjadi negara sekuler yang modern.

Mustafa Kemal Ataturk memegang jabatan presiden pertama Turki sejak berdirinya negara tersebut pada tahun 1923 hingga kematiannya pada tahun 1938. Ataturk menjadi Presiden Turki selama 15 tahun.

Selama kepemimpinannya, dia telah menjalankan reformasi budaya, politik, dan ekonomi. Atas jasanya, sebuah makam megah dibangun untuk menghormati pendiri Republik Turki ini.

Makam Mustafa Kemal Ataturk berdiri megah di sebuah bukit, tepatnya di Jalan Tandogan, kota Ankara. Saking luasnya, terdapat taman, hingga lapangan upacara di sekitar area pemakaman. Lapangan upacara tersebut diketahui bisa menampung hingga 15 ribu orang.

Makam Ataturk dibuat dalam bentuk oktagon dan gaya arsitektur Ottoman. Ada juga bentuk piramida di atas kuburan tersebut. Di sekeliling kuburan terdapat vas-vas berisi tanah dari setiap provinsi di Turki dan tumbuhan dari 25 negara.

Relief di Mousoleum AtaturkRelief di Mousoleum Ataturk Foto: Getty Images/cemagraphics

Mustafa Kemal Ataturk meninggal pada usia 57 tahun pada 10 November 1938 karena sakit ginjal. Dia dimakamkan di atas tanah yang luas di bukit di Ibu Kota Ankara. Makamnya luar biasa megah, dengan pembangunan yang memakan waktu 9 tahun.

Untuk berkunjung ke Makam Mustafa Kemal Ataturk, traveler tidak perlu mengeluarkan uang seperser pun. Sebab, lokasi ini gratis untuk dikunjungi!



Simak Video "Blak-blakan Dubes RI untuk Turki: Erdogan Tak Pernah Mencela Ataturk"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA