Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Okt 2021 20:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Danau Tujuh Warna, Bukti Tertua Kehidupan Bumi yang Terancam

bonauli
detikTravel
Danau Bacalar
Danau Bacaral (Getty Images)
Quintana Roo -

Danau ini unik karena punya tujuh gradasi warna biru yang indah. Di balik kejernihan airnya, danau ini adalah bukti tertua kehidupan bumi.

Namanya Danau Bacalar, lokasinya di Meksiko dan perbatasan Belize. Danau ini sebenarnya adalah laguna di tepi laut dengan warna pirus cerah hingga kobalt gelap. Inilah mengapa julukannya Danau Tujuh Warna.

Dilansir dari BBC, Rabu, (6/10/2021) Danau Bacalar adalah rumah bagi populasi purba stromatolit yang berusia sekitar 3,5 miliar tahun. Dasar danau kapur ini menjadi rumah bagi kehidupan tertua di planet ini.

Karena keindahannya, Danau Bacalar berhasil menarik perhatian wisatawan, khususnya pemain kayak. Rupanya ini membuat ekosistem laguna rusak.

"Pertumbuhan wisatawan di Bacalar 600% dalam tiga tahun terakhir dan tuan rumah tidak siap, mereka tidak memiliki daya dukung ekosistem," ujar Peneliti lokal dan ahli biologi Silvana Ibarra, anggota Citizen and Scientific Council for the Restoration and Preservation of Bacalar Aquifer and Lagoon System.

Danau BacalarDanau Bacalar Foto: (Getty Images)

Pada November 2015, badan perlindungan lingkungan federal Meksiko menerbitkan peringatan polusi untuk danau tersebut. Kemudian pada Juni 2020, warna-warni unik air Danau Bacalar yang kaya berubah menjadi cokelat kusam.

Bacalar adalah rumah bagi terumbu mikrobialit air tawar terbesar di dunia. Di sana ada struktur seperti batu yang dibuat oleh ribuan mikroba yang mengendapkan mineral karbonat.

"Mikrobialit Bacalar memiliki rentang usia antara satu dekade hingga lebih dari 9.000 tahun," kata Dr Luisa Falcon, ahli ekologi mikroba di National Autonomous University of Mexico di Merida.

Mikrobialit tak sendirian, ada stromatolit, yang berasal dari sekitar 3,5 miliar tahun. Stromotolit menjadikan Bacalar sebagai bukti tertua kehidupan di Bumi.

Danau BacalarDanau Bacalar Foto: (Getty Images)

Baca berita di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Diguncang Gempa M 7,1, Presiden Meksiko Sebut Tak Ada Kerusakan Serius"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA