Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Okt 2021 17:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Inilah Mawsynram, Tempat Paling Sering Hujan di Bumi, Bogor Kalah Sering

bonauli
detikTravel
Desa yang paling sering hujan di India
Desa Mawsynram (AFP/Biju Boro)
Mawsynram -

Belakangan ini Jakarta dan beberapa daerah lainnya kerap dilanda Hujan. Ya musim hujan memang sudah datang. Tapi di tempat ini tak kenal waktu, hujan terus.

Kota Hujan alias Bogor masih kalah saing dengan desa ini. Jarang sekali ada terik matahari di sini, suasananya dingin dan lembab.

Inilah Mawsynram, sebuah desa di kawasan East Khasi Hills, Meghalaya. Lokasinya di bagian barat India yang tak jauh dari perbatasan dengan Bangladesh.

Mawsynram cukup sulit ditempuh dari kota New Delhi dan Arga. Perjalanan yang ditempuh sekitar 107 km, jadi harus menggunakan Bandara Guwahati di Kota Guwahati.

Jauh tersembunyi, Mawsynram mendapat predikat tempat paling basah di bumi oleh Guinness World Records. Sebutannya adalah Highest Rainfall Annually' yang artinya tempat paling sering turun hujan dan 'The Wettest Place on Earth'.

Dilansir dari berbagai sumber curah hujan tahunan di desa ini rata-rata 11.871 mm. Kalau diibaratkan, hujan yang membasahi Mawsynram dalam setahun mampu membuat lutut dari Patung Yesus di Rio de Janeiro, Brasil yang setinggi 30 meter terendam.

Desa yang paling sering hujan di IndiaDesa yang paling sering hujan ada di India Foto: (AFP/Biju Boro)

Mawsynram sendiri mengalahkan Cherrapunji yang juga di India dan hanya berjarak 20 km, serta Tutendo di Kolombia. Kenapa sih sering turun hujan di sana?

"Yang terjadi adalah setiap kali air berkumpul lebih dari Teluk Benggala, menyebabkan curah hujan di atas Mawsynram, mengarah ke berat, musim hujan yang panjang," kata Sunit Das dari Departemen Meteorologi India.

Musim hujan di Mawsynram, jatuh pada bulan Juni sampai September. Kala itulah, jalanan desa di sana tidak akan pernah kering alias selalu basah. Bahkan di siang hari, langit tampak selalu gelap karena mendung.

Mawsynram pun menawarkan banyak petualangan. Ada gua, hutan, sampai air terjun Nohkalikai yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di India dengan ketinggian sekitar 340 meter!



Simak Video "India Kembali Buka Pintu Buat Turis Asing, Asalkan..."
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA