Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 27 Nov 2021 14:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Fosse Dionne, Mata Air Misterius yang Terlihat Tak Memiliki Dasar

Fosse Dionne, Mata Air Bawah Tanah yang Misterius di Prancis
Foto: Fosse Dionne (iStock)
Tonnerre, Prancis -

Sudah berabad-abad orang-orang mengandalkan air Fosse Dionne untuk kehidupan mereka. Tapi tak ada yang tahu dari mana sumbernya.

Diberitakan BBC, di dalam wilayah Burgundy yang indah di Prancis, terletak satu tempat yang paling misterius di sebuah perdesaan, yaitu lubang mata air yang terlihat tidak berdasar. Warga menyebutnya Fosse Dionne.

Fosse Dionne, Mata Air Bawah Tanah yang Misterius di PrancisFosse Dionne, Mata Air Bawah Tanah yang Misterius di Prancis Foto: (iStock)

Sebanyak 311 liter air nan deras menyembur setiap detik, bahkan bisa meningkat jadi 3.000 liter per detik saat kondisi hujan. Sudah banyak penjelajah yang mendatangi Fosse Dionne, tapi tak ada yang tahu dari mana sumber dari air yang terus memuntahkan air dalam jumlah besar ini.

Orang Romawi memanfaatkan air karst untuk diminum, sementara bangsa Celtic menganggap tempat itu suci. Lalu pada 1,700-an Prancis menggunakannya sebagai tempat cuci umum.

Salah satu legenda mengatakan, seekor ular mematikan tengah berpatroli di dasar sumur. Sementara yang lain mengklaim, Fosse Dionne merupakan portal ke dunia lain.

Nah, dalam upaya memecahkan misteri ini, dua orang penyelam profesional masuk ke dalam lorong sempit bebatuan kapur pada tahun 1974. Namun sayang, saat memasuki jurang mata air yang berliku dan runcing, mereka tewas.'

Fosse Dionne, Mata Air Bawah Tanah yang Misterius di PrancisFosse Dionne, Mata Air Bawah Tanah yang Misterius di Prancis Foto: (iStock)

Selanjutnya, pada tahun 1996, seorang penyelam juga mencoba masuk ke dalam air, tapi naas, dia juga tewas.

Kemudian, pada Oktober tahun 2020, setelah banyak yang menganggap mata air ini terlalu berbahaya, Walikota Tonnerre menyewa penyelam profesional Pierre-Eric Deseigne. Dia berhasil turun lebih dari 70 meter ke bawah air dan menjelajahi total 370 meter saat shooting ekspedisinya.

Tapi walaupun Deseigne sudah menyelam jauh, dia tak jua menemukan sumber mata air. Hingga kini, misteri bawah air Fosse Dionne pun belum terpecahkan.



Simak Video "Prancis Dilanda Gelombang Panas, Suhu Capai 40 Derajat Celcius"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA