Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 03 Apr 2022 08:37 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini MUSAN, Museum Hutan Bawah Laut Pertama di Laut Mediterania

MUSAN
Foto: Musan (Emily Irving-Swift/Getty Images)
Jakarta -

Museum yang berdiri di atas daratan sudah biasa, bagaimana dengan museum di bawah laut? Cek MUSAN nih.

Sebuah museum bernama Museum of Underwater Sculpture Ayia Napa (MUSAN) menawarkan pengalaman yang tidak biasa. Sudah dibuka sejak tahun lalu, Musan menjadi museum underwater pertama di Laut Mediterania.

Sesuai namanya, museum ini terletak di 200 lepas pantai Aiya Napa, kota resor Siprus Tenggara. Destinasi ini menyerupai hutan bawah laut dan memiliki beberapa patung anak-anak yang bermain di samping patung dengan karakter mistis.

MUSANMUSAN Foto: (Emily Irving-Swift/Getty Images)

"Tujuan kreatifnya adalah untuk menciptakan hubungan yang mulus antara dataran dan lautan, menggabungkan dua keajaiban yang berbeda. Satu diciptakan oleh manusia dan satu dirancang oleh alam," menurut situs museum.

"Untuk mengembangkan portal ke alam bawah laut yang menawarkan pengunjung pertemuan singkat dengan keindahan alam di bawah permukaan air, memberikan pengalaman dunia lain yang menggambarkan konektivitas manusia dengan alam, bentuk organik hibrida yang selaras dengan lingkungannya," tambah pernyataan dari situs museum ini.

Sementara, menurut pihak museum, karya ini juga bertujuan untuk memberi perhatian pada konservasi. Selain itu juga berperan sebagai ekosistem baru bagi kehidupan akuatik untuk berkembang.

My Modern Met melaporkan, seiring berjalannya waktu, harapannya yaitu setiap patung akan tertutup biomassa laut yang nantinya membuat museum ini menjadi lebih indah.

"Koleksi patung figuratif bawah laut yang tersebar di antara serangkaian pohon organik yang tersebar di antara serangkaian pohon organik yang dipahat dan tanaman bawah tanah akan menciptakan hutan bawah laut pertama di dunia," menurut website museum.

MUSANMUSAN Foto: (Emily Irving-Swift/Getty Images)

"Sebuah simbol untuk meningkatkan kisah zona perlindungan laut yang baru dibuat Ayia Napa, sambil mengakui praktik deforestasi di masa lalu," dia menambahkan.

Nah, wisatawan yang mau berkunjung bisa memilih scuba diving atau snorkeling. Tidak dipungut biaya, namun sekolah menyelam lokalnya akan mengenakan biaya masing-masing.



Simak Video "Kebakaran Hutan di Siprus Terburuk dalam Sejarah"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA