Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Okt 2016 17:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

7 Sungai yang Dihuni Ikan Monster

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Foto: Ikan Alligator Gar, salah satu ikan monster di AS (CNN)
Foto: Ikan Alligator Gar, salah satu ikan monster di AS (CNN)

FOKUS BERITA

Wisata Sungai Ajaib
Kinshasha - Satu kegiatan asyik saat wisata di sungai adalah memancing. Tapi di 7 sungai ajaib ini, traveler bisa berjumpa dengan ikan berwujud monster. Awas hati-hati!

Ikan-ikan monster memang nyata wujudnya, bukan hanya ada di film fiksi ilmiah saja. Penampakannya yang seram, membuat ikan-ikan ini jadi penghuni sungai yang paling bikin penasaran.

Jeremy Wade, seorang pemancing profesional sekaligus presenter acara TV 'River Monster' pun meluangkan waktu khusus untuk berburu ikan monster ini. Dilansir detikTravel dari CNN, Kamis (6/10/2016), inilah 7 sungai di dunia yang dihuni oleh ikan berpenampilan seram ala monster, yang pernah diburu oleh Jeremy Wade:

1. Sungai Kongo, Kongo

(CNN)(CNN)


Sungai pertama yang ada di dalam daftar adalah Sungai Kongo, yang membentang sepanjang 4.700 km di Kongo. Sungai berarus deras ini menjadi rumah bagi ikan monster bernama Goliath Tigerfish.

Ikan Goliath Tigerfish ini memiliki penampakan yang cukup seram. Giginya besar-besar dan tajam, menghiasi rahang bagian atas dan bawah ikan itu. Ketajaman gigi ikan ini selevel dengan gigi piranha, tentu saja bisa merobek daging dengan sangat mudah.

Goliath Tigerfish mampu tumbuh hingga mencapai berat sekitar 45 Kg. Ikan seperti ini statusnya sudah langka, hanya orang-orang beruntung yang bisa berjumpa ikan ini.

2. Sungai Teles Pires, Brasil

(CNN)(CNN)


Tak mau kalah dengan Kongo, Brasil juga punya sungai yang tak kalah ajaibnya. Sungai Teles Pires yang memiliki panjang sekitar 1.370 km ini, dihuni oleh ikan monster yang masih masuk ke dalam keluarga ikan lele.

Namun berbeda dengan ikan lele yang biasa kita konsumsi, ikan lele di Sungai Teles Pires berukuran 5-10 kali lipat dari lele biasa. Panjangnya pun bisa sampai seukuran kaki orang dewasa.

Untuk bisa memancing ikan lele jumbo ini, traveler mesti menyiapkan tenaga ekstra. Sebabnya, selain ikan lele ini melakukan perlawanan ekstra, Sungai Teles Pires juga dikenal memiliki arus yang sangat kencang. Jadi, siap-siap saja.

3. Sungai Okavango, Botswana

(CNN)(CNN)


Masih di Benua Afrika, sungai ajaib lainnya yang jadi rumah bagi ikan monster adalah Sungai Okavango. Sungai sepanjang 1.600 km ini membentang melewati 3 negara, yaitu Angola, Botswana dan Namibia.

Sungai Okavango dihuni oleh ikan monster bernama Tigerfish. Dinamakan demikian karena, lihat saja giginya yang besar-besar dan runcing, sudah seperti gigi macan saja. Sudah begitu, Tigerfish yang hidup di Sungai Okavango bisa berukuran sangat besar.

Tigerfish di Okavango bisa tumbuh hingga mencapai bobot lebih dari 10 kg. Pantas saja jika ikan ini sering disebut sebagai ikan monster oleh penduduk setempat.

4. Sungai Ebro, Spanyol

(CNN)(CNN)


Melangkah ke Benua Eropa, ternyata ikan monster juga bisa ditemukan di sana. Tepatnya di Spanyol, Sungai Ebro dengan panjang 930 Km jadi habitat yang sempurna bagi sejenis ikan lele raksasa yang hidup di sana.

Perairan Sungai Ebro dikenal bersuhu hangat dan kaya akan nutrisi. Itulah yang menyebabkan ikan lele di sungai ini, bisa tumbuh dengan sangat besar, bahkan bisa dibilang raksasa.

Ada ikan lele yang tumbuh sampai bobotnya mencapai 90 kg, alias seukuran pria dewasa. Panjang ikan ini pun hampir setinggi orang dewasa. Luar biasa!

5. Sungai Trinity, AS

(CNN)(CNN)


Pindah dari Benua Eropa menuju ke Benua Amerika, ada Sungai Trinity di negara bagian Texas, AS yang bisa traveler kunjungi. Dengan panjang mencapai 1.140 Km, sungai ini dihuni oleh sejenis ikan monster dengan penampakan yang sangat seram.

Apalagi kalau bukan Alligator Gar, dinamakan seperti itu karena mocong ikan ini persis seperti mocong alligator. Bentuknya panjang, serta dihiasi oleh gigi-gigi runcing yang berbaris rapi di rahangnya. Hii... seram!

Ikan Alligator Gar dikenal sangat agresif dan menyerang apapun yang ada di dekatnya. Ikan bergigi tajam ini pun bisa tumbuh hingga ukuran yang sangat besar, mencapai bobot 90 Kg per ekornya.

6. Sungai Delger Moron, Mongolia

(CNN)(CNN)


Benua Asia juga tak mau kalah, di Mongolia traveler bisa menyambangi Sungai Delger Muron. Sungai sepanjang 440 Km ini dihuni ikan monster yang masih satu keluarga dengan ikan salmon.

Nama ikan tersebut adalah ikan Taimen. Bentuknya sedikit mirip dengan ikan salmon, namun traveler harap waspada, karena ikan ini memiliki gigi yang sangat tajam.

Deretan gigi yang sangat tajam ini digunakan Taimen untuk berburu ikan lain, bebek, hingga tikus tak sengaja yang sedang berenang. Dengan gigi tajam ini, Taimen jadi salah satu ikan yang menguasai Sungai Delger Moron

7. Sungai Nil, Uganda

(CNN)(CNN)


Kehidupan liar aliran sungai, ternyata juga bisa traveler temui di sebelah barat laut Uganda. Tepatnya di aliran Sungai Nil, atau biasa juga disebut Nil Victoria oleh warga lokal.

Sungai ini ternyata juga menjadi habitat ikan monster, yaitu sejenis ikan kakap putih yang berukuran jumbo. Ikan ini bisa mencapai berat 45 Kg. Untuk membawanya pun tak cukup dengan tangan saja, tetapi perlu dipanggul di pundak. Sungguh luar biasa! (wsw/krn)

FOKUS BERITA

Wisata Sungai Ajaib
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED