DetikTravel

Negeri Rempah Tidore

Jejak Petualang - d'Traveler - Kamis, 17/07/2014 19:39:07 WIB
detikTravel Community -  

Indonesia bersama srilanka, cina dan juga india menjadi negara penghasil kayu manis terbesar didunia. bahkan negara kita menghasilkan 40 persen kulit kayu manis yang ada di bumi. Total areal kayu manis yang ada di indonesia sekitar 70000 hektar dengan hasil panen berkisar antara 15000 - 20000 ton kulit kayu manis kering pertahunnya. dari setiap dua pohon yang sudah dipanen  bisa menghasilkan 4 sampai 5 kilogram kulit kayu.

 

Sebelum kulit kayu dijemur, harus dibersihkan terlebih dulu  karena sisa sisa kotoran yang menempel bisa merusak kualitas dari kulitnya. Ribuan tahun yang lalu, kulit kayu manis  sudah dikenal sebagai bumbu masakan di mesir kuno  dan menjadi salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan oleh manusia.

 

Kulit kayu manis ini memiliki banyak manfaat, diantara sebagai pengawet makanan alami yang berfungsi mengatur gula darah dan juga kolesterol.

 

Karakteristik rasa dan aroma kayu manis berasal dari senyawa dalam minyak kulit kayu yang biasa disebut cinnamonaldhyede, karena itu sering disebut sebagai cinnamon. Racun akar batu umumnya lebih dikenal dengan nama akar tuba. racun alami yang sudah digunakan untuk berburu oleh para masyarakat tradisional sejak dulu kala. Tumbuhan liar in hanya bisa kita temukan di daerah dataran rendah hingga ketinggian 1500 mdpl dan  memiliki cukup sinar matahari.

 

Tuba atau derris eliptica, tumbuh merambat diantara semak dan biasanya tumbuh subur di tepian sungai  karena tanahnya memiliki kadar air yang banyak. Letak perairan tidore yang diapit oleh beberapa pulau membuat kondisi air disini sangat tenang  dan tidak terlalu terpengaruh oleh pasang surut air laut Dan kondisi alam seperti inilah yang di sukai oleh para nelayan untuk mencari boca.

 

Selain hidup permukaan tanah ada beberapa jenis tumubuhan akar batu yang hidup merambat dan memanjat pohon Dan yang paling sering digunakan sebagai bahan dasar racun, hanyalah akarnya saja karena pada kulit akar banyak mengandung racun rotenone. Disamping rotenon  ada bahan racun aktif lain yang terdapat pada akar tanaman ini  yaitu deguelin eliptine dan toxicarol .

 

Sebelum di letakan diantara bebatuan karang akar harus kita tumbuk terlebih dulu  agar getah beracun pada kulitnya keluar. Tuba adalah pestisida alami yang bisa digunakan untuk membuat ikan mengambang dan mabuk, sehingga kita bisa lebih mudah menangkapnya. Berbeda dengan racun potasium yang umumnya digunakan, racun tradisional ini hanya bertujuan untuk membuat ikan lemas dengan tidak merusak terumbu karang disekitarnya .

 


Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com